Direktur Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD Pal) Haji Rahmatullah mengharapkan adanya jaringan sekolah sekolah Adiwiyata se Kota Banjarmasin dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat.

Hal tersebut diutarakan Haji Rahmatullah saat menutup kegiatan sosialisasi pengolahan limbah domistik yang berlangsung secara live di ruang siaran Prima TV, jalan lingkar dalam depan lokasi Kuliner Baiman, Banjarmasin, Jumat.

Sosialisasi tersebut diikuti 140 terdiri dari kepala sekolah serta para guru pengelola sekolah Adiwisata untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas se Banjarmasin, berlangsung lima hari sejak Senin.

Menurut Rahmatullah, banyak pelajaran yang diperoleh dari nara sumber disaat kegiatan sosialisasi yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk disosialisasikan lagi kepada kalangan murid, dan masyarakat sekolah.

Nara sumber kegiatan tersebut diantaranya Direktur Umum PD Pal,Rosayu Inta Anggraini, Wahyu Hardi Cahyono Kepala Bidang Pengawasan BLHD Kota Banjarmasin, Deris Kusdinar.

Selanjutnya, Kepala Bidang Teknih PD PAL Banjarmasin, Dwi Nanik Kepala Bidang Tata Lingkungan BLHD Banjarmasin, serta Hasan Zainuddin atau Paman Anum ketua Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Kota Banjarmasin.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan lahir gerenasi muda atau kalangan pelajar yang ngerti tentang kebersihan lingkungan sekalgus akan menjadi generasi pelestari lingkungan, khususnya soal sanitasi.

Oleh karena itu, ia berharap semua sekolah di Banjarmasin bisa berlanggaran ke PD Pal dalam upaya pengelolaan limbah domistik nya, dan itu akan menaikan status atau kelas Adiwisata.

Selain itu akan terbentuk gedung gedung sekolah yang sejuk, rindang, bersih, dan indah oleh berbagai tanaman sehingga akan meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah tersebut.

Banjarmasin dikenal sebagai kota sungai memerlukan penanganan sanitasi yang baik agar kota menjadi bersih dan masyarakatnya sehat dikemudian hari.

Acara penutupan tersebut setelah diadakan kegiatan hari terakhir yang juga dilakukan secara live oleh televisi berjaringan tersebut.

Pada bagian akhir ditandatangani kerjasama penanganan limbah domistik untuk sekolah menengah pertama negeri 7 Banjarmasin yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut, Kabul dengan Direktur PD Pal Haji Rahmatullah.




 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021