Dua pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (DKP Kalsel) berupa sarana dan prasarana pengolahan pangan lokal, di Kabupaten Tanah Laut.  

Bantuan diberikan itu kepada UMKM Berkat Motekar Desa Pemuda dan UMKM Srikandi Taruna Jaya di Kelurahan Karang Taruna. 

Masing-masing UMKM menerima bantuan 12 barang berupa lemari etalase, rak pajangan,  kompor sunrise, wajan, panci kukus, timbangan dapur, pencetak mie, pisau set,  oven kompor, spanduk nama UMKM, dan X- Banner promosi serta kemasan.

Kepala DKPP Tanah Laut Rizayadi ikut mendampingi penyerahan bantuan tersebut berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan jumlah produksi dan ragam atau variasi dari produk olahan pangan lokal.

Penerima bantuan, sebut dia,  harus memiliki beberapa kriteria, diantaranya harus pelaku usaha yang bergerak dibidang pengolahan pangan lokal, telah mengikuti pelatihan pengembangan usaha pangan lokal tergabung, teregister dalam anggota UKM/UMKM di Kalimantan Selatan.

Selain itu, terang dia, yang bersangkutan berminat meningkatkan produksi usaha, namun terkendala peralatan yang belum memadai.

"Sepanjang tahun 2021 ada dua UMKM menerima bantuan di Tanah Laut. Pada Agustus mendatang DKP Provinsi Kalimantan Selatan akan menggelar gathering produk yang diolah UMKM se-Kalsel di Banjarbaru,"terangnya. 

Diagendakan, sambung dia, beberapa UMKM di Tanah Laut akan mengikuti gathering tersebut.

Pada kesempatan penyerahan itu, Rizayadi turut mengimbau,  agar budaya konsumsi pangan sehat dapat segera menjamur melalui semangat dari pelaku UMKM  peduli dengan olahan pangan lokal di Kabupaten Tanah Laut.

“Kita harus melahirkan kembali budaya konsumsi bahan pangan yang tumbuh dan ada di sekitar kita, karena produk tersebut lebih sehat dan mengandung nilai gizi yang baik,”demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021