Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahrujani berpendapat, pengerukan atau normalisasi sungai sebagai salah satu upaya menghindari bencana banjir.

"Karenanya kami Komisi yang juga membidangi sumber daya air (termasuk penanganan sungai) merasa perlu meninjau pengerukan Sungai Maluka Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut (Tala)," ujarnya di Banjarmasin, Ahad (4/7).

"Pasalnya ketika kami melakukan peninjauan lapangan bersama Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Kepala Desa meninjau banjir beberapa waktu lalu, Pandahan tergolong sangat parah," lanjut politikus senior Partai Golkar tersebut. 

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel itu berharap, dengan kunjungan Komisi III paling tidak masuk catatan buat penanganan.

"Hal tersebut sudah barang tentu pula proposal dari desa untuk selanjutnya kemungkinan pengusulan dan kita tindaklanjuti sesuai bidang Komisi III DPRD Kalsel," ujar Sahrujani.

Anggota Komisi III Agus Mulia Husin dari Partai Amanat Nasional (PAN) menambahkan, bahwa Komisinya selalu mendukung penganggaran dalam APBD untuk pembangunan penataan jalan kawasan pemukiman supaya cepat terealisasi.
Rombongan Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang mengunjungi Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Jumat (2/7) mau memantau Sungai Maluka yang memerlukan pengerukan untuk normalisasi sungai guna menghindari banjir. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara Sekcam Bati-Bati H Rudi ST, MM mengatakan, atas nama pemerintah kecamatannya sangat berterimakasih atas kedatangan Dewan Kalsel yang berkenan meninjau beberapa lokasi atau dua titik yaitu
pengerukan/normalisasi sungai,  serta pra-sarana jalan Desa Pandahan.

"Kami berharap, apa yang kita laksanakan hari ini, terealisasikan, agar dapat membantu mempermudah masyarakat Desa Pandahan khususnya dalam kehidupan sehari-hari," lanjutnya.

"Mudah-mudahan dengan kedatangan anggota Dewan provinsi, nantinya bisa menciptakan suasana yang lebih baik dari dahulu dan sekarang," demikian Rudi.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021