Polresta Banjarmasin pada Sabtu  meluncurkan aplikasi Siaga Gasan Banua atau di singkat SIGAB untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat di kota setempat.

"Dengan adanya aplikasi SIGAB ini maka Polresta Banjarmasin terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di kota ini," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin, Sabtu.

Dikatakanya, peluncuran aplikasi SIGAB yang bisa di instal melalui playstore memiliki sembilan fitur yang dapat membantu masyarakat meminta pelayanan polisi secara online.

"Aplikasi tersebut bisa diakses oleh smartphone dengan system operasi Android 6.0 atau Android versi terbaru," kata Kapolresta Banjarmasin.

Bukan itu saja, ucapnya, aplikasi polisi yang memiliki sembilan fitur itu untuk membantu masyarakat seperti pendaftaran SIM, pengawalan, ujian psikologi, pendaftaran SKCK, SP2HP Online, pendaftaran SKBN, Surat Keterangan Kehilangan, Profil Pengguna dan adanya tombol darurat atau panic button.

"Fitur tombol darurat atau panic button adalah layanan quick respon dimana pelapor saat menekan tombol tersebut maka anggota polisi/operator akan segera meresponnya," ujarnya.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan berserta unsur Forkompimda bersama sama meresmikan peluncur aplikasi SIGAB yaitu Siaga Gasan Banua. (ANTARA/Gunawan Wibisono)
Kombes Rachmat menambahkan  bagi warga yang ingin memperpanjang SIM dan SKCK dapat mengisi formulir dengan mengakses aplikasi tersebut.

Sekarang semua serba mudah dengan teknologi, mau perpanjang SIM atau SKCK tidak perlu datang dan mengantri ke kantor polisi, cukup dari aplikasi SIGAB mengisi formulirnya kemudian  datang tinggal di scan dan bisa langsung diambil, tanpa harus antri.

"Di masa pandemi COVID-19 ini sebisa mungkin kita harus hindari adanya kerumunan sehingga masyakarat diminta untuk menginstal aplikasi tersebut, agar lebih cepat dan mudah mendapatkan pelayanan," tutur Kapolresta usai peluncuran aplikasi SIGAB yang bertempat di Auditorium Duta Mall Banjarmasin.

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dalam sambutan yang dibacakan oleh Kabid Humas Kombes Pol M Rifa'i mengatakan Polri harus terus berbenah untuk melakukan terobosan dan inovasi-inovasi teknologi berbasis pelayanan guna memenuhi tantangan zaman.

"Peluncuran aplikasi SIGAB ini sudah sesuai dengan konsep menuju Polri yang Presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," ucapnya dalam sambutan tersebut.

Kapolda berharap peluncuran aplikasi tersebut  bukan hanya sebatas seremoni, namun harus diiringi dengan sosialiasi kepada masyarakat luas di kota ini.

"Semoga aplikasi SIGAB Polresta Banjarmasin dapat berguna dan bermanfaat bagi masyaraka di kota yang berjuluk kota seribu sungai ini," tutur perwira menengah Polri itu.

Pewarta: Wibhi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021