Program pemerintah pusat tentang satu juta vaksin perhari di bulan Juli direspon positif oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin di Kalimantan Selatan, namun terkait ketersediaan vaksin tergantung dari alokasi dan pendistribusian dari pusat ke daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf, Jum’at, menerangkan pihaknya sudah menyiapkan 14 fasilitas kesehatan dengan total jumlah tenaga kesehatan sebanyak 140 orang untuk melaksanakan vaksinasi setiap harinya.

“Ketersedian vaksin di Tapin tergantung dengan alokasi dan distribusi dari pemerintah pusat,” ujarnya kepada wartawan ANTARA.

Baca juga: 1.060 warga Tapin ikuti vaksinasi COVID-19 jelang HUT Bhayangkara

Dinkes Tapin bersama TNI-Polri sudah melaksanakan vaksinasi massal sejak 26-30 Juni lalu, dikatakannya Sabtu, (24/6) lalu Tapin mendapatkan 6.010 dosis dan sudah terpakai saat vaksinasi massal itu.

“Untuk selanjutnya kami masih menunggu alokasi vaksin untuk Tapin dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Terkait jumlah masyarakat yang harus divaksin setiap harinya Tapin tidak ada target, dikatakannya rata-rata cakupan vaksinasi setiap hari diharapkan mencapai 600-700 orang perhari.

“Target di Tapin 33.037 orang. Yang sudah divaksinasi dosis pertama sebanyak 15.042 orang dan yang selesai dosis kedua sebanyak 7.067 orang. Untuk mencapai herd imunity minimal dari jumlah penduduk 80 -90 persen,” ujarnya.

Alur pendistribusian itu dikatakannya dari pemerintah pusat ke provinsi setelah itu dibagi lagi ke 11 kabupaten dan dua kota di Kalsel.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Tapin diangka 18.575 orang. Strategi yang dipakai oleh Dinkes Tapin dikatannya untuk mencapai harapan angka itu dengan melakukan sosialisasi dengan penyuluhan kepada masyarakat, menetapkan sasaran dan menjadwalkan untuk vaksinasi.

Dinkes Tapin turut dibantu oleh TNI-Polri untuk mensukseskan vaksinasi mulai dari pengalokasian vaksinasi, pencarian sasaran sampai pengamanan pelaksanaan sampai ke pengamanan vaksin.

Baca juga: HUT Bhayangkara ke 75 : Catatan Polres Tapin tentang penanganan COVID-19
Baca juga: TNI dan Dinkes Tapin vaksin 413 masyarakat dalam sehari

Warga Tapin diperiksa kesehatannya sebelum di vaksin (ANTARA / Muhammd Fauzi Fadilah)

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021