Jambore Kader Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 2021 dilaksanakan di All Outbond Amandit Rafting Desa Loksado, Kecamatan Loksado dibuka Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry.

Ketua Panitia Pelaksana Jambore Kader PKK Tingkat HSS Hj Murziah, di Loksado, mengatakan kegiatan ini mengusung tema "Dengan Jambore Kader PKK Mari Tingkatkan Kualitas Kader PKK di Masa Pandemi COVID– 19”.

"Giat ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menambah wawasan pengetahuan, persaudaraan, dan persahabatan sekaligus sebagai penghargaan yang diharapkan dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri," katanya, Kamis (1/7) kemarin.

Dijelaskan dia, jambore diikuti para kader PKK baik dari TP PKK Kabupaten maupun TP PKK Kecamatan se HSS, dengan serangkaian giat berupa lomba-lomba yang meliputi Lomba Yel Yel, Lomba Makanan Bekal Anak Sekolah, Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak, Lomba Tik tok, Lomba UP2K, dan Lomba Tertib Administrasi.

Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry mengatakan, terima kasih kepada panitia penyelenggara dan seluruh peserta jambore. Walaupun masih di dalam kondisi pandemi, kegiatan yang dilakukan ini tetap harus berjalan.

"Tentunya dengan memberlakukan protokol kesehatan dan tetap semangat serta komitmen tinggi untuk mentaatinya, semoga dengan peran aktif kita bersama pandemi ini segera berakhir,“ katanya, dalam sambutan pembukaan.

Menurut dia, jambore ini sebagai tindak lanjut dari program TP PKK HSS Tahun 2021, bertujuan untuk menjalin persaudaraan, persahabatan, serta membangun kebersamaan antara kader-kader PKK seHSS, sebagaimana tema dari jambore kali ini.

Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK di masa sekarang, di mana perlunya peningkatan kualitas diri kaum wanita, baik fisik dan intelektual maupun mental dan akhlak sangat penting.

Serta, mutlak terus diupayakan dalam rangka meningkatkan wawasan terlebih di masa pandemi ini, peningkatan kualitas ini tentunya memerlukan dukungan semua pihak, termasuk para kader PKK di semua tingkatan.

"Melalui kegiatan jambore kita dapat berkumpul bersilaturrahmi sekaligus dalam suasana kebersamaan dan peningkatan kompetensi. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan jambore ini para kader PKK akan lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan program-program PKK di tempat masing-masing," katanya.

Jambore kader PKK ini pihaknya mengajak untunk meningkatkan kemampuan, kualitas dan keteladanan kader PKK dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga di masa pandemi ini.

Menutup sambutan, ia berpesan bahwa sejalan dengan kegiatan dan peningkatan-peningkatan tersebut maka diharapkan pula, gerakan PKK sekarang benar-benar dapat menempatkan kaum wanita sebagai mitra sejajar dengan kaum pria.

"Yang arahnya adalah menjadikan kaum wanita sebagai subyek pembangunan, terutama dalam mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia serta mandiri," katanya.

Turut hadir, Wakil Ketua I TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Wakil Ketua PKK HSS II Hj. Jauhartati, Wakil Ketua III Hj. Elyani Yustika M. Noor, beserta pengurus lainnya.

Baca juga: Raker PKK HSS tingkat kecamatan untuk evaluasi dan sinkronisasi program

Baca juga: Dinas PPKBPPPA Hulu Sungai Selatan gelar Rakor

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021