DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyerukan para kaula muda untuk segeranya mengikuti program vaksinasi COVID-19 dengan mendatangi tempat-tempat Kesehatan atau puskesmas terdekat maupun gelar vaksinasi massal, mumpung saat ini masih gratis.

"Apalagikan saat ini sudah secara umum, dari usia 18 tahun ke atas dilayani vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah," ujar anggota DPRD Kota Banjarmasin Abdurasyid Ridha saat gelar reses bagi warga Kelurahan Murung Raya di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jumat.

Menurut politisi PPP ini, pemerintah sudah secara resmi membuka vaksinasi umum bagi masyarakat usia di atas 18 tahun sejak awal Juli 2021 ini.

"Jadi kami serukan kepada masyarakat yang memenuhi syarat usia maupun kesehatan agar mengikuti program ini, datang ke tempat-tempat vaksinasi, jangan dilewatkan, mumpung masih gratis," ujar Ridha.

Pasalnya, kata dia, jika sampai program vaksinasi COVID-19 secara gratis ini habis, dan harus mengikuti vaksinasi secara mandiri atau gotong royong, biayanya cukup mahal.

"Informasinya kalau mengikuti vaksinasi COVID-19 secara berbayar itu, sekali suntik Rp500 ribu, harus dua kali, jadi Rp1 juta," katanya.

Terkait program vaksinasi COVID-19 secara umum saat ini kemasyarakat, Ridha meminta pemerintah kota juga harus menyiapkan stok vaksin yang banyak.

"Jangan sampai warga berbondong-bondong datang minta divaksin, malah habis vaksinnya," ujar dia.

Pihaknya di dewan kota akan ikut mengawasi kegiatan ini, hingga seluruh warga di kota ini dapat vaksin, sebab ini terpenting juga dalam mengahadapi pandemi COVID-19 ini.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin Hj Siti Rahimah menyatakan pula, untuk suksesi vaksinasi ini, pemerintah kota agar terus melakukan sosialisasi, khususnya keamanan vaksin yang digunakan.

"Khususnya untuk sasaran vaksin bagi warga lanjut usia. Ini penting terus dijelaskan, sebab banyak kabar macam-macam yang membuat mereka enggan divaksin, takut ini lah, takut itu lah," tutur politisi Gerindra tersebut.

Disampaikan juga anggota DPRD Kota Banjarmasin Istiqamah, bahwa vaksinasi ini sangat penting bagi ketahanan tubuh sebagai upaya menghadapi pandemi COVID-19 yang belum diketahui kapan selesainya ini.

"Jadi kami menyampaikan kepada masyarakat ayo bervaksin, vaksin ini aman dan halal, jadi jangan diragukan demi keselamatan kita bersama," kata politisi PAN tersebut.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021