Dalam memaknai Hari Bhayangkara atau ulang tahun ke 75 Kepolisian Republik Indonesia (Polri) 1 Juli 2021 hendaknya tanpa kekerasan  menghadapi pengunjukrasa dari kelompok mahasiswa.

Komando pengamanan ujuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) - Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin mengemukakan wanti-wanti itu sebelum aksi demonstrasi tersebut, Kamis (1/7) siang atau rencananya pukul 14.00 Wita.

"Hari ini 'Hari Kita. Jadi jangan sampai terjadi apa-apa terhadap mahasiswa, karena mereka juga adik-adik kita," pinta komando.

"Jangan terjadi pemukulan, baik dengan tangan maupun alat lain. Jangan mudah terprovokasi. Karena semua akan terekam," lanjut perwira pengamanan ujuk rasa di DPRD Kalsel tersebut.

Informasi dari Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel tersebut masih berkaitan dengan tuntutan unjuk rasa sebenarnya yaitu mengenai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menurut mereka (mahasiswa) belakangan terjadi pelemahan lembaga anti rusuah itu..

Unjuk rasa mahasiswa di Kalsel terkait KPK tersebut kali ini (1/1) merupakan "Jilid Tiga" dan ketika "jilid dua" sekitar sepekan lalu (24/6) terjadi insiden, sedangkan "jilid satu" pada 21 Mei lalu berjalan aman.
Suasana persiapan pengamanan dalam menghadapi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPRD Kalsel - Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kamis (1/1) siang. (Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021