Keberadaan Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Banjar milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Banjarmasin tak henti memberikan pembinaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya.

Sebagaimana pembinaan yang dilakukan Rumah BUMN Banjar yang didirikan sejak tahun 2016 itu dengan menggelar kegiatan pelatihan jualan asik melalui sosial media bagi para UMKM di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Senin.

"Kita datangkan pengusaha Debafe Cold Brew Coffe yang juga ahli marketing untuk melatih UMKM binaan kita memahami strategi penjualan lewat sosial media," ujar koordinator Rumah BUMN Banjar, Sarpani.

Sebagai wadah UMKM, lanjut dia, pelatihan ini penting, karena zaman sosial media sudah merajai penjualan saat ini, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, karena kegiatan luar ruangan dibatasi agar penyebaran virus tidak terjadi secara luas.

"Karena itu strategi marketing lewat sosial media harus dipahami dengan baik para UMKM kita agar mereka tidak ketinggalan dalam pemanfaatan teknologi yang makin maju pesat ini," tutur Sarpani.

"Jadi yang awalnya tidak menggunakan sosial media untuk berjualan, sekarang sudah mulai menggunakan sosial media sebagai ajang promosi untuk jualannya," tuturnya.

Dia menyatakan, Rumah BUMN Banjar ini merupakan satu-satunya di Banjarmasin yang menampung pengusaha UMKM maupun masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang usaha yang akan digelutinya.

"Jadi kami tak henti untuk memberi perhatian dan pembinaan, hingga usaha mereka bisa maju," tuturnya.

Sementara itu, pengusaha Debafe Cold Brew Coffe, Dwi Bagusidian Wahono SE, MM yang memjadi narasumber pelatihan tersebut menjelaskan, dirinya mencoba menjelaskan bagaimana kemudahan akses informasi bagi seluruh pelaku UMKM agar dapat berkembang lebih baik lagi. 

Dan diharapkan, kata dia, dengan pelatihan ini UMKM bisa mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi, khususnya memanfaatkan sarana sosial media.

Salah seorang peserta Pelatihan Jualan Asik, Ani Ningsih mengaku terbantu dengan adanya Rumah BUMN Banjar ini sehingga bisa menunjang kreatifitas serta mempermudah pemasaran produknya.

"Dan kami mulai memahami bagaimana strategi penjualan lewat sosial media ini, sangat besar peluangnya untuk memajukan usaha," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021