Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jasril merangkul wartawan media cetak dan elektronik sehingga bisa bekerja sama menyampaikan informasi publik.


"Tujuan kami merangkul wartawan baik media cetak maupun elektronik agar terjalin kerja sama dalam upaya memberikan informasi ke masyarakat," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan hal itu di depan puluhan wartawan media cetak dan elektronik Kalsel yang diundang dalam pertemuan di Kantor SAR Banjarmasin Jalan Ahmad Yani Km 28 Banjarbaru.

Dijelaskan, personel SAR memiliki tugas dan tanggung jawab mencari dan menyelamatkan korban bencana maupun peristiwa lain yang memakan korban jiwa.

"Tugas yang diemban personel SAR kadang berat tetapi tanpa bantuan rekan-rekan wartawan, apa pun yang dilakukan personel di lapangan tidak akan diketahui masyarakat," ucapnya.

Oleh karena itu, dia berharap setiap wartawan baik media cetak maupun elektronik menyosialisasikan Kantor SAR dan personelnya yang selalu siap terjun mencari dan menyelamatkan.

"Harapan kami, wartawan di Kalsel membentuk wadah komunikasi agar bisa saling menyampaikan informasi penting sehingga bisa ditindaklanjuti oleh kami dan sebaliknya," ujarnya.

Ditekankan, meski pun hubungan antara Kantor SAR Banjarmasin dan wartawan sudah terjalin, diharapkan bisa saling menjaga perasaan orang dan keluarga yang ditimpa bencana.

"Kami tidak bisa melarang rekan wartawan mengambil gambar di lokasi bencana misalnya, tetapi hendaknya jangan menyiarkan gambar yang bisa menyakiti keluarga korban," pesannya.

Dikatakan, Kantor SAR Banjarmasin memiliki wilayah tugas di Kalsel dan Kalteng sehingga personel SAR yang berjumlah 92 orang siap diterjunkan ke lokasi kejadian maupun bencana.

"Bagi personel SAR, terjun langsung ke lokasi bencana merupakan tugas mulia sehingga seluruh personel siap ditugaskan mencari dan melakukan penyelamatan," tegasnya.

Salah seorang wartawan senior Yedi menyatakan, pihaknya mengapresiasi Kantor SAR Banjarmasin merangkul wartawan dan mengingatkan hal-hal yang tidak perlu dipublikasikan.

  "Kami mengikuti rambu-rambu saat menjalankan tugas dan selalu siap memberikan informasi penting dan akurat yang seharusnya diperoleh masyarakat," katanya   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015