Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ruzaidin Noor mengajak seluruh pihak mewujudkan Banjarbaru menjadi kota cerdas (smart city) berbasis teknologi, informasi dan komunikasi.

"Kami mengajak seluruh pihak baik masyarakat, pemangku kepentingan dan aparatur pemerintah mewujudkan Banjarbaru menjadi kota cerdas," ujarnya di Banjarbaru, Jumat.

Wali kota mengatakan hal itu dalam pidato pada sidang paripurna istimewa peringatan hari jadi ke-16 Banjarbaru tahun 2015 dihadiri anggota FKPD, pejabat dan tokoh masyarakat.

Ia mengatakan, ajakan itu sejalan dengan tema hari jadi yakni "Hayu cangkali bagawi menuju Banjarbaru kota cerdas" atau ayo giat bekerja menuju Banjarbaru kota cerdas.

"Makanya sesuai makna atau filosofi tema hari jadi itu, kami mengajak agar seluruh pihak berperan mewujudkan Banjarbaru menjadi kota cerdas dan terdepan," ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah, menambahkan pelayanan publik yang diberikan pemerintah ke masyarakat harus transparan dan cepat.

"Pelayanan publik yang transparan dan cepat berbasis teknologi informasi menjadi andalan Pemkot Banjarbaru dalam memberikan pelayanan kepada siapa pun," ucap Said.

Dijelaskan, konsep tersebut sesuai tema pembangunan tahun 2016 yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Selain itu, juga didukung sistem infrastruktur perkotaan interkoneksi dan berwawasan lingkungan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang maju, nyaman dan sehat.

"Kami yakin, pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi mampu mendorong perekonomian masyarakat lebih maju didukung infrastruktur perkotaan interkoneksi," ujarnya.

Dikatakan, Pemkot Banjarbaru akan menyiapkan data berbasis teknologi informasi dan anggaran yang cukup sehingga bisa mewujudkan kota cerdas dengan pelayanan publik terbaik.

"Anggaran disiapkan mulai 2016 yang digunakan untuk pembelian perangkat disamping melatih aparatur sehingga bisa menggunakan teknologi informasi," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015