Anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Imam Kanapi mengharapkan transportasi Banjarmasin - Batulicin yang berjarak sekitar 260 kilometer di wilayah tenggara provinsi tersebut semakin lancar.

Ia mengemukakan harapan itu dalam percakapan dengan Antara Kalsel di Banjarmasin, Senin (21/7) seiring perbaikan jalan antara Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala) - Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Oleh karenanya, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu menyatakan terima kasih kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XI yang sudah mulai mengerjakan perbaikan jalan antara Pelaihari - Batulicin.

"Karena perbaikan jalan Pelaihari - Batulicin oleh BPJN Wilayah XI Kalsel itu juga bagian realisasi masyarakat ketika saya reses beberapa waktu lalu," ujar wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut saat berada di ruang fraksinya.

"Jalan Pelaihari - Batulicin merupakan jalan trans Kalimantan lintas timur Kalsel dengan status jalan negara/jalan nasional sehingga bukan kewenangan pemerintah provinsi (Pemprov) setempat untuk perbaikan/pemeliharaan," lanjutnya.
Tanjakan Gunung Rimpi Kabupaten Tanah Laut pada jalan nasional Kalsel yang sering kecelakaan lalulintas sehingga memerlukan jalan alternatif. (Istimewa)

Anggota Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perhubungan itu mengharapkan pula, perlunya jalan alternatif di Gunung Rimpi Tala (Pelaihari - Batulicin) guna menghindari atau setidaknya mengurangi kecelakaan lalulintas (lakalantas).

"Pasalnya daerah tanjakan Gunung Rimpi (sekitar 75 kilometer tenggara Banjarmasin) sering terjadi lakalantas seperti mobil yang 'taundur' (termundur)," tuturnya.

"Mungkin perlu jalan menyamping sehingga tidak lagi dengan tajakan tinggi terutama dari Banjarmasin atau Pelaihari menuju Batulicin," demikian Imam Kanafi.
Jembatan yang hilang pagar memerlukan perhatian. Jembatan tersebut pada jalan nasional Banjarmasin - Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel. (Istimewa)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021