Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) yang juga Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS, Syamsuri Arsyad, mengecek perkembangan pembangunan renovasi Tugu Munggu Raya, di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya.

Ia mengatakan, pembangunan tugu Munggu Raya ini hasil kerja sama DHC 45 Kabupatem HSS dengan PT Antang Gunung Meratus (AGM), yang hari ini pembangunannya sudah mencapai 80 persen.

"Tugu Munggu Raya yang direnovasi tersebut adalah salah satu monumen peninggalan bersejarah di Kabupaten HSS, yang berskala internasional dimasa penjajahan Belanda pada 2 September 1949," katanya, Kamis (17/6).

Baca juga: Bupati HSS nyatakan konsisten peringati HUT Proklamasi Gubernur ALRI

Dijelaskan dia, peninjauan dilakukan untuk melihat perkembangan kemajuan renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya, yang diperkirakan selesai sekitar satu bulan lagi.

Renovasi tugu Munggu Raya dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS, untuk mewariskan nilai-nilai sejarah perjuangan bagi generasi muda.


"Bahwa ada sejarah berskala internasional yang pernah terjadi di Kabupaten HSS. Di tugu Munggu Raya ini ada perjanjian pemerintah Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan dengan Belanda dan komisi tiga negara, ” katanya.

Sebelumnya, monumen hanya berbentuk batu berbentuk kubus dengan tulisan riwayat sejarah, di samping tingginya menara pemancar TVRI dan bangunan penunjangnya.

Baca juga: DHC 45 HSS realisasikan janji pembangunan Tugu Munggu Raya

Konsep pembangunan renovasi, batu monumen awal sedikit digeser, dan dibikin dinding belakang dengan lima pilar melambangkan Pancasila. 

Warna dominan abu-abu berdesain keramik batu granit, dan akan dibuat lambang ALRI Divisi IV berupa jangkar.

"Jika renovasi sudah selesai, maka akan segera direncanakan langkah untuk melakukan peresmian," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021