Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS tetap konsisten, untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan setiap 17 Mei.

Ia mengatakan, meskipun masih berada pada pandemi COVID-19, serta ada tidaknya arahannya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), namun bagi Kabupaten HSS, setiap 17 Mei, HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV merupakan hari yang bersejarah serta fundamental.

“Tadi pagi kami telah melaksanakan apel peringatannya, dan sebelum Idul Fitri kami telah mengunjungi veteran dan janda veteran memberikan tali asih agar mereka bisa menikmati lebaran,” katanya, saat menerima kunjungan Danlanal Banjarmasin Kolonel laut (P) Herbiyantoko, M Tr Hanla di Museum Rakyat HSS, Senin (17/5).

Baca juga: DHC 45 HSS realisasikan janji pembangunan Tugu Munggu Raya

Dijelaskan dia, Pemkab HSS juga berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan situs-situs sejarah perjuangan Tentara ALRI Divisi IV Pertanahan Kalimantan yang ada di Kabupaten HSS, bahkan pada apel tadi pagi dirinya telah meresmikan dimulainya Pembangunan Monumen Munggu Raya yang berada di Sungai Raya.

Danlanal Banjarmasin Kolonel laut (P) Herbiyantoko, mengatakan merasa terhormat dan bahagia karena silaturahmi sekaligus kunjungan kerjanya di Kabupaten HSS disambut langsung bupati dan Wabup Syamsuri Arsyad. Selain itu, juga memperkenalkan dirinya dan istri, serta seluruh perwira yang ada dalam rombongannya.

Ditemani Bupati dan Wabup HSS, Danlanal Banjarmasin yang datang beserta istri dan Perwira Lanal menyempatkan untuk melihat-lihat koleksi benda-benda bersejarah yang dimiliki museum.

Baca juga: 64 veteran dan janda veteran pejuang kemerdekaan di HSS terima tali asih

Di antaranya, Miniatur Masjid Su’ada atau yang lebih dikenal dengan Masjid Baangkat yang ada di Desa Wasah Hilir, Kecamatan Simpur, Koleksi Perabot Kursi Basusur Paikat, Kastok Carmin milik Pangitak Aban, Telpon, Jam Ning Nung 555 milik H Matlakam.

Potret Fase Perjuangan Rakyat HSS Tahun 1949, koleksi Senjata-senjata yang digunakan dalam Perjuangan Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Potret Situs Perjuangan Rakyat HSS, hingga perabot rumah tangga yang digunakan pada masa itu.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021