Peringatan Hari Donor Darah sedunia ini juga menjadi momentum bagi Palang Merah Indonesia (PMI) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendonorkan darahnya, demi kemanusiaan khususnya di HSS, kali ini  giliran Tim Penggerak PKK HSS dan organisasi wanita lainnya ikut mensukseskan hari Donor Darah Sedunia tersebut.

Ketua PMI yang juga Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Selasa (15/6), mengatakan berterima kasih kepada TP PKK HSS, GOW, Gatriwara, Darma Wanita, Persit, Bhayangkari, Adhyaksa Dharmakarini, atas kehadirannya sudah membawa anggotanya datang ke PMI.

"Ini merupakan semangat  bagi kita semua, tentang bagaimana bersama-sama dalam upaya penanggulangan donor darah, yang memang dirasa masih kurang," katanya, saat meninjau pelaksanaan donor darah, di Unit Donor Darah PMI HSS.

Baca juga: Aplikasi donor "Si Berkah" PMI HSS, inisitif Ka Choe untuk kemanusiaan

Dijelaskan dia, bersyukur hari ini bisa menyaksikan bersama bagaimana ibu-ibu dari organisasi wanita semuanya datang ke PMI untuk didonorkan darahnya, tapi tadi memang setelah dicek ada beberapa yang HBnya rendah dan lain sebagainya, sehingga dari semuanya yang ke sini belum tentu bisa mendonorkan darahnya.

Ia menyampaikan dari data hari ini tidak semuanya bisa dilakukan dan diambil darahnya, oleh karena itu sebagaimana harapan pihaknya kemarin, terus mengajak semua pihak yang barangkali memiliki kesehatan yang baik terutama kaum milineal, disamping saat ini PMI HSS juga sudah punya aplikasi donor "Si Berkah".

"Aplikasi tersebut dipersembahkan untuk masyarakat HSS, dan ini juga bentuk persembahkan untuk kemanusiaan dan berbagi dan peduli dengan sesama, bagi mereka yang membutuhkan donor darah, khususnya di Kabupaten HSS," katanya.

Baca juga: Peringatan Hari donor darah sedunia, PMI HSS launching aplikasi "Si Berkah"

Wakil Ketua TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, mengatakan dari Tim Penggerak PKK  HSS beserta seluruh Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten HSS yang mana dalam rangka rangkaian peringatan Hari Donor Darah sedunia melaksanakan kegiatan donor darah, yang dilaksanakan dua hari yaitu dari tanggal 15 sampai dengan 16 Juni 2021.

"Mudah -mudahan pada hari ini organisasi wanita banyak yang bisa mendonorkan darahnya, karena dalam rangka kemanusiaan," katanya, yang juga berhadir mewakili Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry.

Ditambahkan dia, kegiatan ini jadi salah satu aksi yang dilakukan oleh PKK HSS bekerja sama dengan PMI HSS dalam rangkaian Hari Donor Darah Sedunia, yang juga didukung dan direspon sangat positif organisasi wanita lainnya dengan mendonorkan darahnya secara sukarela.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021