Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) resmi meluncurkan aplikasi donor darah "Si Berkah" yang merupakan inisiatif dari Ketua PMI HSS yang juga Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad atau akrab disapa "Ka Choe", serta dipersembahkan untuk kemanusiaan.

Ia mengatakan, momentum peringatan hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni menjadi saat yang penting bagi PMI HSS, untuk mengenalkan Aplikasi Berikan Sedekah Daerah atau Si Berkah kepada masyarakat luas.

Berbeda dengan aplikasi donor darah yang lain, Si Berkah PMI HSS ini memiliki berbagai fitur yang lengkap dan mudah digunakan. 

Sebagai aplikasi yang dirancang untuk mempertemukan antara pendonor darah dengan yang memerlukan, dibekali mapping yang dapat melacak posisi pendonor," katanya, dalam keterangan, Senin (14/6) pagi.

Baca juga: Peringatan Hari donor darah sedunia, PMI HSS launching aplikasi "Si Berkah"

Dijelaskan dia, aplikasi ini juga dapat menginformasikan stok darah yang tersedia di PMI kabupaten HSS, pengguna aplikasi memposting kebutuhan darahnya dan Si Berkah akan secara otomatis mencari pendonor, berdasarkan kebutuhan daran serta posisi atau lokasi pendonor.

Bukan itu saja, aplikasi juga dapat menginformasikan secara real time atau setiap waktu ketersedian darah yang ada PMI HSS, bentuk layanan kepada masyarakat, mempermudah memenuhi kebutuhan darah.

Di beranda Si Berkah, pengguna juga dapat melihat event-event PMI serta berita-berita kegiatan organisasi ini, menariknya untuk mendaftar sebagai pengguna aplikasi ini bisa menggunakan berbagai macam cara, mulai dari akun google, akun facebook dan atau menggunakan nomor ponsel saja.

Baca juga: Dilantik jadi Ketua PMI HSS, wabup berkomitmen capai pelayanan maksimal

”Insya Allah aplikasi ini mudah digunakan dan menjadi berkah bagi kita semua, sesuai dengan namanya Si Berkah yang kita sematkan pada aplikasi tersebut,” katanya.

Ditambahkan dia, hadirnya aplikasi ini agar dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan darah di kabupaten HSS, dan boleh dibilang aplikasi ini belum sempurna dan ke depan akan banyak menu-menu yang akan disematkan, dan pihaknya akan melakukan upadate sesuai dengan kebutuhan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021