Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan akan menerapkan pengelolaan keuangan dan administrasi secara elektronik.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri menyediakan aplikasi untuk pengelolaannya yakni elektronik Badan Layanan Umum Daerah (e-BLUD).

RSUD Pambalah Batung Amuntai yang menyandang status sebagai BLUD sejak Mei 2012 dinilai harus menerapkan e BLUD agar juga mampu meningkatkan pelayanan kesehatan.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK di Amuntai, belum lama ini mengatakan, penerapan e BLUD secara online pasti mempermudah pengelolaam administrasi dan keuangan rumah sakit sehingga berdampak pada peningkatan pelayanan kepada pasien.

"Upaya peningkatan pelayanan kesehatan menjadi prioritas Pemkab HSU sehingga penerapan e BLUD kita sangat mendapat dukungan pemerintah daerah," ujar Wahid.



Wahid mengatakan, sistem aplikasi e-BLUD merupakan suatu sistem yang mendokumentasikan, administrasi, perencanaan, penganggaran pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan keuangan BLUD secara Real Time.

Aplikasi ini, lanjutnya, juga memudahkan pengguna dalam mengakses data di mana dan kapan saja berdasarkan manajemen user yang sistematis sesuai tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan BLUD.

Dikatakan, Aplikasi e BLUD juga membantu pihak rumah sakit dalam mencatat semua kegiatan operasional penerimaan dan pengeluaran sehingga bisa menghasilkan laporan keuangan secara mudah dan efektif.

"Jangan lupa dalam penerapannya nanti juga memperhatikan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Membuka kegiatan Implimentasi Aplikasi Pengelola Keuangan e BLUD RSUD Pambalah Batung di Hotel Minosa Resort, Wahid menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Bina Keuangan Kementerian Dalam.Negeri yang membantu penerapan e BLUD tersebut

Kasubdit BLUD Dirjen Bina Keuangan Kemendagri Komaedi
Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat memberi cendramata/ kenang-kenangan kepada Kasubdit BLUD Dirjen Bina Keuangan Kemendagri Komaedi saat kegiatan Implementasi e BLUD di Hotel Minosa Resort Amuntai, belum lama ini. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)
yang menjadi nara sumber kegiatan Implementasi megharapkan seluruh pemangku kepentingan atau pemangku kebijakan  harus satu persepsi terkait BLUD.

"Jangan sampai ada anggapan untuk pelaksanaan BLUD ini  cara penggunaan anggarannya sama dengan APBD, jika kita telah melaksanakan BLUD ini sepenuhnya jangan setengah-setengah menjalankannya," katanya.

Ia juga berharap nantinya seluruh Puskesmas di kabupaten HSU juga dapat menjalankan BLUD serupa seperti yang di jalankan RSUD Pambalah Batung.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021