Cutting sticker adalah sebuah desain stiker kreatif yang kebanyakan diaplikasikan di motor atau mobil dengan modal tak terlalu besar, namun omset yang sangat menggiurkan.

Bisnis cutting sticker kini kian berkembang yang didorong oleh gaya hidup masyarakat, yang ingin mengubah penampilan untuk kendaraan mereka.

Pemilik Usaha Cutting Zaini Stiker Kandangan, Muhammad Zaini, di Jambu Hulu mengatakan, memulai usaha sebagai wirausaha stiker saat diajak teman untuk memasang wallpaper rumah, karena hasilnya bagus dan rapi kemudian diajak bos pemilik memulai usaha tersebut, dan kini dirinya telah memiliki usaha mandiri yang omsetnya mencapai jutaan rupiah per bulan.

"Seiring berjalannya waktu, saya memutuskan untuk memulai bisnis cutting sticker ini sendiri, sudah tiga tahun menggeluti usaha cutting sticker, dan tidak hanya jasa cutting sticker tetapi juga melayani riben kendaraan, membuat striping atau les variasi dan jasa pemasangan wallpaper," katanya.

Baca juga: Bangkitkan jiwa wirausaha, Wabup HSS ajak generasi muda bentuk tim 7

Dijelaskan dia, total omzet yang diperoleh mencapai Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulannya, tergantung dari banyaknya pengunjung, pesanan serta besar kecilnya jasa yang akan dipergunakan,

Usaha ini juga digelutinya karena berangkat dari hobby karena senang dengan modifikasi kendaraan dan variasi, berkembangnya usaha tak lepas dari strategi pemasaran secara online serta dari mulut ke mulut yang dilakukan.

Ia juga tidak jenuh untuk terus belajar seperti belajar dari Youtube, perlahan tapi pasti usaha ini makin dikenal luas, tokonya yang berada di Jambu Hulu, Kecamatan Padang Batung tak pernah sepi dari pelanggan serta memang buka setiap hari, kecuali di malam hari.

"Insya Allah hasil pekerjaan yang dilakukan di toko kami rapi lebih murah, dan lokasinya nyaman dijangkau dan dikunjungi, untuk model tentunya tergantung dari harga dan kendaraan yang akan divariasi dari Rp150 ribu, Rp400ribu sampai Rp650 ribu, juga kualitas bahan dari yang bagus atau yang biasa," katanya.

Baca juga: 19 orang wirausaha pemula HSS terima bantuan Kementerian Koperasi dan UKM

Ia berharap usahanya ke depan akan semakin maju dan dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat, bahan-bahannya juga makin lengkap, serta berpesan bagi mereka terutama kalangan muda yang ingin memulai menjadi wirausaha supaya jangan takut gagal, apabila gagal segera perbaiki yang salahnya, dan jangan malu untuk memulai.

Selain sebagai wirausaha, Zaini memang selama ini dikenal sebagai sosok yang berprestasi, sebelumnya ia meraih juara I untuk lomba logo dan tagline dalam Hari Jadi ke-68 Kabupaten HSS dan disusul di tahun berikutnya sebagai juara I lomba tagline hari jadi ke-70 Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021