Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS) telah siap memberikan pelayanan Kemoterapi untuk bedah Onkologi, pemeriksaan Immunohistokimia dan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi pasien kasus keganasan kanker, khususnya untuk masyarakat Kabupaten HSS.

Direktur RSUD Kandangan, Hj Rasyidah, di Kandangan, Jum'at (11/6), mengatakan dibukanya pelayanan ini untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien kanker yang dirawat pada RSUD Kandangan, di mana sebelumnya pasien harus dirujuk ke RS Ulin Banjarmasin, jadi dengan harapan dapat memangkas jarak dan biaya.

"Pelayanan baru kemoterapi bedah onkologi maka tersedia pemeriksaan untuk memastikan jenis kanker dan pengobatan yang paling cocok untuk pasien,  apabila saat ini di Kabupaten HSS dan kabupaten sekitar ada sekitar 450 pasien kemoterapi yang selama ini harus ke RSUD Ulin dan menunggu antrian," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, dengan adanya pelayanan kemoterapi di RSUD Kandangan, tentunya akan dapat memotong biaya dan jarak bagi mereka yang antri di RS Ulin Banjarmasin untuk mendapatkan giliran.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan dengan statusnya sebagai Rumah Sakit Syariah ketiga di Indonesia, dan yang pertama di Kalimantan, maka pelayanan tahap demi tahap terus ditingkatkan, termasuk pelayanan yang tidak serta merta ada, yang mana sebelumnya menugaskan dokter Prabudi sebagai dokter spesialis bedah onkologi.
 
Bupati HSS H Achmad Fikry tanam pohon wujudkan konsep green hospital RSUD Kandangan 
(Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan raih penghargaan WBK

“Dokter Prabudi disekolahkan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi di RS, semoga dengan pelayanan ini, bisa memberikan layanan kemoterapi di Kabupaten HSS dan kabupaten lain yang sudah bekerjasama dengan BPJS, ” katanya.

Ia berharap pula, dengan dukungan dari pemerintah daerah ini dapat menghasilkan manfaat yang besar untuk pelayanan rumah sakit, sehingga dapat memberikan kenyamanan yang maksimal kepada pasien.

Dokter Spesialis Onkologi, dr Prabudi, mengatakan masih banyak hal besar yang akan dilakukan dan ini bukan sesuatu yang istimewa, karena di depan sana masih banyak amanah untuk melaksanakan pelayanan.

Menurut dia, terapi kanker ini adalah sesuatu hal yang besar dan harus disadari sama-sama, kebanyakan masyarakat lebih banyak memilih jalan alternatif karena takut dikemoterapi, karena kalau di kemoterapi takut rambutnya rontok.

Benar rambutnya rontok, rambut rontok itu adalah indikator obat kemoterapi itu bekerja pada sel kanker yang mempunyai kemampuan membelah diri cepat seperti rambut dan kuku, ia berpesan kepada masyarakat agar tidak takut untuk dikemoterapi dan langsung datang ke RSUD Kandangan.

“Kami ada di sini, untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan sepenuh hati,” katanya.
 
Wabup HSS Syamsuri Arsyad tanam pohon wujudkan konsep green hospital RSUD Kandangan 
 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS : Pembinaan dan pengarahan ASN dorong kinerja

Peresmian dimulai dengan kegiatan penanaman pohon untuk memperingati Hari Penanaman Pohon Sedunia, ini bertujuan untuk mewujudkan konsep green hospital pada RSUD Kandangan. Green hospital adalah konsep perpaduan antara unsur kesehatan dan lingkungan di rumah sakit.

Dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya pelayanan kemoterapi oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, bersama Forkopimda HSS, Dirut RSUD Kandangan serta Kepala BPJS Cabang Barabai.

Selain peresmian pelayanan kemoterapi, dilakukan pula penandatanganan adendum kerjasama RSUD Kandangan dengan BPJS Cabang Barabai, bupati juga secara resmi membuka launching Aplikasi G-Spot dan Si Idah Pedalaman.

G-Spot adalah inovasi absensi bagi pegawai kontrak, sedangkan Si Idah Pedalaman adalah perpaduan delapan inovasi pada RSUD Kandangan, di antaranya Rocket, Si Komar, Pengaduan,Jadwal Operasi, Jadwal Dokter, serta Pendonor Darah yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan peninjauan lapangan Bupati HSS beserta jajaran untuk melihat secara langsung fasilitas layanan yang telah ada dan disediakan oleh RSUD Kandangan.
 
Peninjauan fasilitas di RSUD Kandangan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021