Sahabat Indonesia Satu Provinsi Kalimantan Selatan dibentuk, para komunitas pecinta seni budaya ini langsung menggelar lomba nyanyi virtual secara nasional bagi anak SD dan SMP.

Ketua Sahabat Indonesia Satu Kalsel Dr dr Dharma PTR Maluegha SpBP-RE (K) mengatakan, Sahabat Indonesia Satu Kalsel dipercaya pimpinan pusat Sahabat Indonesia Satu untuk menyelenggarakan lomba nyanyi virtual secara nasional.

Menurut dia, lomba ini digelar untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta kebangsaan dan cinta tanah air, di mana semangat komunitas ini dibentuk untuk itu bagi generasi muda.

Dikatakan dr ahli bedah plastik ini, lewat seni budaya yang dinilainya masih belum terkontaminasi politik dan SARA ini, hingga sekecil apapun kegiatan ini untuk bisa berkontribusi menumbuhkan kecintaan bagi generasi muda mencintai negaranya seperti keinginan para pendiri negara ini.

dr Dharma menyatakan, komunikasi ini terbuka bagi profisi apa saja, tidak hanya bagi seniman dan budayawan, bahkan dirinya pun hanya pemerhati seni, tapi harus komitmen hanya satu tujuan di atas tadi, tidak ada kepentingan politik apalagi SARA.

Penasehat Sahabat Indonesia Satu Kalsel H Hesly Juniarto SH MH menyampaikan, kenapa adanya lahir Sahabat Indonesia Satu, ini sebagai bentuk perhatian komunitas seniman, budayawan dan pecinta seni lainnya untuk mengedukasi kepada generasi muda, yakni, akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan, berbangsa dan cinta tanah air.

"Jadi kegiatannya kita ingin menanamkan pentingnya toleransi, pembauran, NKRI yang harus ditanam mulai generasi muda, ini tugas kita," ujarnya.

Dia menyampaikan awal mula dibentuknya Sahabat Indonesia Satu Kalsel ini, karena mendapat mandat dari Ketua Sahabat Indonesia Satu Pusat Sastra Harijanto Tjondrokusumo, berpusat di Surabaya, Jawa Timur.

"Sekarang sudah berkembang hampir diseluruh Indonesia, termasuk di Kalsel mulai dibentuk kepengurusannya," kata mantan pejabat Pemkot Banjarmasin ini.

Sekalin membentuk kepengurusan Sahabat Indonesia Satu Kalsel ini, pimpinan pusat juga mengamanatkan untuk menggelar lomba nyanyi virtual tingkat nasional bagi generasi muda.

"Bahkan lagu wajib pada lomba ini berjudul NKRI harga mati, diciptakan ketua umum pusat Sahabat Indonesia Satu sendiri," ujar Hesly.

Adapun lomba nyanyi virtual tingkat nasional yang digelar Sahabat Indonesia Satu ini dimulai pada saat ini hingga 17 Agustus 2021 diumumkan pemenangnya.

Lomba ini dinyatakan umtuk umum dan gratis, peserta hanya mendaftarkan diri lewat daring, hingga nantinya mengirim rekaman vidio nyanyi itu.

Bahkan disyaratkan hanya menggunakan kamera handphone, tidak boleh diedit, artinya tidak boleh menggunakan peralatan canggih.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021