Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad beserta pengurus masa bakti 2020-2025, dilantik Ketua PMI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, di Lapangan Basket alun-alun Kota Kandangan.

Ia mengatakan,  berkomitmen demi tercapainya pelayanan yang maksimal di Kabupaten HSS, dengan selalu menjunjung tinggi profesionalitas dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Bersama-sama pihak-pihak terkait PMI Kabupaten HSS berupaya bersinergi, berkolaborasi bahu membahu untuk melaksanakan kegiatan palang merah di setiap jenjang sekolah," katanya, yang juga menjabat Wakil Bupati HSS usai pelantikan, Rabu (30/12) kemarin. 

Selanjutnya, membentuk relawan berbasis masyarakat desa kesiap siagaan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pengurangan risiko bencana.

Baca juga: Bupati HSS buka musyawarah kabupaten PMI tahun 2020

Begitupun untuk adaptasi perubahan iklim yang selalu terjadi di daerah HSS, kebakaran hutan dan lahan, angin puting beliung, bencana banjir, tanah longsor dan lainnya.

Dari sekian banyak persoalan yang terjadi di Kabupaten HSS, seperti masih kurangnya ketersedian stok darah juga menjadi sorotan lebih PMI HSS, maka pihaknya akan memprioritaskan pembenahan unit donor darah dan unit trasnfusi darah di HSS.

"Kami nantinya akan merancang program PMI untuk meningkatkan sumber daya manusia, mengikuti dan mengadakan pelatihan-pelatihan, pembinaan PMR, pengembangan dan pemberdayaan relawan, serta meningkatkan kinerja PMI HSS dalam menjalankan kegiatan kemanusiaan," katanya.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengucapkan selamat kepada para pengurus PMI HSS yang baru saja dilantik, dan berharap agar para pengurus PMI yang baru dilantik dapat memberikan nuansa baru pada perkembangan PMI.

Baca juga: Sekda HSS : Gathering PMI sarana silaturrahmi dan koordinasi

Dijelaskan dia, posisi dari pemerintahan terhadap PMI adalah memfasilitasi apa yang dibutuhkan PMI HSS, sehingga diperlukan adanya koordinasi antara PMI dengan pemerintah.

Ketua PMI Kalsel H. Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, mengatakan agar PMI HSS yang dikukuhkan dapat lebih siap lagi secara organisasi, untuk melakukan tugas keorganisasian.

"Terlebih lagi dalam pelayanan kemanusiaan, khususnya penanganan COVID-19 dan penyediaan stok darah di Kabupaten HSS dan kebutuhan darah di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, yang merupakan Rumah Sakit rujukan regional," katanya.

Ditambahkan dia, dengan dilantiknya pengurus baru, orang-orangnya cukup enerjik dan juga mempunyai posisi strategis sehingga pihaknya yakin kepengurusan yang baru ini mampu membawa PMI HSS lebih berjaya lagi, lebih maju, dan mampu menghadapi tantangan yang ada.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020