Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, dalam menyikapi peringatan hari lingkungan hidup sedunia pada setiap tanggal 5 Juni, mengajak generasi muda di Bumi Rakat Mufakat, untuk selalu peka dan peduli terhadap masalah lingkungan.

Ia mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi makna penting bagi seluruh orang di dunia, untuk menyuarakan kondisi yang semakin hari semakin kritis akibat berbagai faktor penyebab.

Baca juga: Hari lingkungan hidup sedunia, HSS ingin wujudkan program hijau desaku dan kota Oksigen

"Dibalik moment Hari Peringatan Lingkungan Sedunia atau World Environment Day, kesempatan untuk bisa melakukan restorasi ekosistem agar dapat mencegah, menghentikan serta memperbaiki kerusakan alam," katanya, saat memberikan keterangan, di Kandangan, Sabtu (5/6).

Dijelaskan dia, sebagai aktivis dan pencinta lingkungan dirinya mengatakan dengan ekosistem yang sehat dan keanekaragaman hayati yang kaya, maka dapat menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi makhluk hidup.

Alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia dan seluruhnya menganut sistem keseimbangan, oleh karna itu semuanya punya kewajiban bersama dalam memulihkan ekosistem yang rusak, serta melestarikan yang masih utuh.

Baca juga: Wabup HSS terima kunjungan DPRD Kalsel, terkait persiapan Porprov XI

"Saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya para generasi muda untuk peka terhadap masalah lingkungan, dan saya yang di besar dari organisasi keperamukaan ini juga mengajak untuk menjadikan alam sebagai teman," katanya.

Ditambahkan dia, alam menjadi teman paling indah saat akrab bersamanya, hidup harmonis bersama alam dapat membuat masa depan dan mahluk hidup akan lebih baik. Dengan melakukan restorasi otomatis akan membuat kualitas udara lebih baik, sangat penting saat Pandemi COVID-19 seperti sekarang, menunjukkan bahwa betapa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021