Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H Achmad Fikry, mengucapkan selamat hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 dan ini sejalan dengan visi menuju Kabupaten HSS yang cerdas inovatif teknologis dan agamis, untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Ia mengatakan, salah satu misi mau mengoptimalkan sumber daya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, di mana hal yang ingin dicapai jadi mewujudkan program hijau desaku serta menciptakan Kabupaten HSS sebagai "Kota Oksigen".

"Kita patut bersyukur dan harus selalu bersyukur kepada SWT, kabupaten kita dianugerahi sumber daya alam yang begitu baik indah dan menarik, kita punya daerah pegunungan yang menyajikan panorama alam membelah di kaki kaki pegunungan, daerah dataran rendah berupa daerah perairan dan rawa-rawa yang tidak kalah indahnya," katanya, Rabu (2/6).

Baca juga: RTH dan taman bermain anak Datu Durabu diresmikan

Dijelaskan dia, terus berkomitmen dalam menjaga hal-hal tersebut lingkungan yang baik, pemukiman yang layak dan sehat serta pembangunan yang tetap terintegrasi dengan kelestarian lingkungan, terus diupayakan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan merupakan komitmen bersama.

Gerakan penanaman pohon dan kebersihan yang terus dilaksanakan bersama-sama masyarakat dengan gerakan Jum'at menanam, sedekah sampah, tukar sampah dengan sembako, pembatasan kantong plastik, serta banyak hal lainnya.

Dan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam penanaman pohon, yakni warga yang membuat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  maka diwajibkan menanam pohon, terkait hal itu HSS telah meraih kabupaten terbaik dalam menanam pohon pada tahun 2014, yang diserahkan langsung Presiden RI.

Baca juga: Gerbang batas kota HSS-HST direncanakan berdesain Mesjid Suada

"Alhamdulillah Kabupaten HSS untuk Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) semakin membaik dari tahun ke tahun, di mana pada tahun 2019 IKLH 56, 23 dengan kategori kurang baik dan menjadi 67,04 kategori cukup baik," katanya.

Selanjutnya, pada  tahun 2020 atau terjadi kenaikan sebanyak 10,801 dari tahun sebelumnya, sedangkan target untuk tahun 2021 IKLH diharapkan menjadi 71 untuk kategori baik, semua ini dilakukan tidak lain untuk menjadikan Kabupaten HSS makin "Barasih dan Hijau".

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021