Bupati Banjar Saidi Mansyur menekankan pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 disamping beberapa permasalahan lain yang disusun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan tahun 2021-2026.

"Pemulihan ekonomi, peningkatan layanan kesehatan dan permasalahan lain harus menjadi perhatian di tengah pandemi COVID-19 sehingga kondisi berangsur membaik," ujarnya pada Musrenbang di Banjarbaru, Sabtu.

Menurut dia, Musrenbang dilakukan dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2021-2026 menjadi dasar pelaksanaan program-program pembangunan 5 tahun ke depan.

Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan agar berkontribusi positif untuk pembangunan Kabupaten Banjar sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai yakni Maju, Mandiri dan Agamis (Manis).

"Harapan kami, pemerintah pusat melalui Pemprov Kalsel mendukung program yang disiapkan termasuk alokasi anggaran dengan cakupan wilayah Kabupaten Banjar yang sangat luas," ucapnya.

Dikatakan, isu strategis yang harus dituntaskan bersama-sama seperti pembangunan sumberdaya manusia melalui rumusan RPJMD yang baik dan konsisten Kabupaten Banjar bisa meningkat sumber daya manusia.

"Masalah kemiskinan, pengangguran, pangan dan infrastruktur termasuk isu-isu strategis lain perlu dituntaskan seperti tata kelola pemerintahan serta percepatan pembangunan infrastruktur strategis," katanya.

Musrenbang dihadiri Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas, Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie, Wakil Ketua 1 TP PKK Banjar Fatmawaty, Sekda M Hilman, Kepala Bappedalitbang Galuh Tantri Narindra dan kepala SKPD.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021