Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin menghibahkan satu unit mobil ambulans eks impor untuk Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin yang sebelumnya merupakan Barang milik negara (BMN).

"Serah terima BMN eks impor mobil ambulans merk Nissan kepada Ketua Yayasan Hang Tuah di bawah binaan Lanal Banjarmasin berdasarkan surat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang tahun 2021," terang Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan
Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin Kurnia Saktiyono di Banjarmasin, Kalsel, Kamis.

Menurut dia, mobil ambulans tersebut dulunya impor dari Jepang yang dihibahkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2008. Namun karena tak dilengkapi persyaratan administrasi sesuai ketentuan yaitu dokumen resmi hibah dari pihak negara asal Jepang, maka pada akhirnya berubah status menjadi barang tidak dikuasai (BTD) yang selanjutnya menjadi BMN.

Sejak tahun 2013, ambulans tersebut dimanfaatkan TNI AL melalui status pinjam pakai yang diperbaharui setiap tahun. Sehingga untuk tertib administrasi BMN, maka dilakukan pemindahtanganan penguasaan secara penuh sesuai peraturan Menteri Keuangan Nomor 111 tahun 2016.

"Diharapkan dengan pemindahtanganan BMN ini, aset negara dapat lebih berguna dan efektif pemanfaatannya untuk mendukung kegiatan sosial TNI AL bagi masyarakat, terutama dalam masa penanganan COVID-19 saat ini," jelas Kurnia.
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin Kurnia Saktiyono saat penyerahan satu unit mobil ambulan eks impor untuk Lanal Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Menurut dia, serah terima BMN itu juga sebagai wujud sinergi antara Kementerian Keuangan dan TNI AL yang dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari senantiasa bekerja sama dan solid mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko mengatakan armada ambulan tersebut selalu berkontribusi dalam kegiatan sosial kemanusiaan Lanal ke masyarakat.

"Terakhir ketika banjir besar melanda Kalsel Januari tadi, ambulan ini juga kami kerahkan membantu masyarakat melayani para pengungsi secara mobile. Kami berterima kasih kepada Kantor Bea dan Cukai atas kepercayaannya menghibahkan ambulan ini mendukung kerja Lanal di bidang kemanusiaan," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021