Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, menyampaikan apresiasi dan memuji inovasi Kecamatan Simpur dengan aplikasi berbasis online, yang dapat menyimpan kebutuhan pengarsipan laporan pertanggung jawaban keuangan dana Desa yang dapat diinput dan dilihat di mana saja. 

Aplikasi Tersebut diberi nama Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Dana Desa(Aksi Monalisa) merupakan sebuah proyek aksi perubahan dari Camat Simpur , M Taufiqurrahman, dilauching di Aula Kecamatan Simpur, beberapa waktu lalu,  disaksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,Susilo Adianto.

"Aplikasi ini merupakan sebuah terobosan yang mempermudah dalam desa menyiapkan semua arsip realisasi dana desa, sehingga apabila nanti di perlukan atau di lakukan monitoring  dan evaluasi dari berbagai pihak, baik itu dari pemerintah daerah ataupun BPK atau KPK," kata Camat Simpur, M Taufiqurrahman. 

Baca juga: Pemkab HSS ajukan Raperda BOSD dan inovasi daerah

Dijelaskan dia, dengan aplikasi Aksi Monalisa ini, desa dapat dengan mudah menyajikan data terkait realisasi dan laporan pertanggung jawaban keuangan tanpa takut khawatir akan kehilangan dokumen, karena dokumen tersimpan dengan baik di server milik Diskominfo HSS. 

Aksi Monalisa ini  mendapat banyak dukungan dari banyak Pihak, dari Bupati HSS Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad serta jajaran Diskominfo HSS,  sehingga aplikasi Ini dapat terealisasi dan ke depan aplikasi ini akan terus di kembangkan lagi. 

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan menyambut baik aplikasi  Aksi Monalisa dalam mewujudkan tata kelola realisasi dana desa yang selama ini di lakukan secara manual , dengan adanya aplikasi ini dapat diaplikasikan langsung. 

Baca juga: Bupati HSS : Inovasi penting dalam reformasi birokrasi dan pelayanan publik

"Aksi Monalisa  sangat  efektif dan efisien dalam pencatatan dana desa di tingkat kecamatan, secara administrasi akan lebih tertib," katanya. 

Ditambahkan dia, mendukung proyek aksi perubahan dari Camat Simpur ini, dirinya berharap dapat mempermudah dan dapat di realisasikan  dan menjadi penguat Pembangunan di Kecamatan Simpur.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021