Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry menghadiri Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah "HSS Innovation Award Tahun 2021, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati.

Ia mengatakan, inovasi berperan penting dalam eeformasi birokrasi, perbaikan pelayanan publik, pemberdayaan Masyarakat, Pertumbuhan Ekonomi, dan peningkaman daya saing daerah, lebih-lebih lagi pada kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Atas dasar itulah Kabupaten HSS terus melakukan terobosan dan perbaikan dalam pengelolaan inovasi dengan pengelolaan yang terintegrasi, pembuatan database inovasi daerah secara online, penguatan regulasi," katanya, Kamis (8/4) pagi.

Baca juga: FKP Ranwal RKPD HSS Tahun 2022 untuk peroleh masukan dan saran

Dijelaskan dia, tentunya terkait pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah saat ini, pihaknya juga sudah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Inovasi Daerah ke DPRD.

Setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil harus melakukan inovasi. Inovasi, pada lingkungan instansi pemerintah sangat penting karena dapat mengakselerasi inovasi swasta dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik.

Pemerintah daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi, karena hal ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari reformasi birokrasi.

Baca juga: Inovasi daerah penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman COVID-19 dilombakan

"Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanan, mempercepat proses, memotong jalur birokrasi dan meringankan beban masyarakat," katanya.

Diharapkan semangat inovasi ini tumbuh subur di masyarakat HSS, bukan sekedar perbaikan layanan publik tapi juga akan masuk dalam dunia usaha, UMKM, pertanian, pariwisata, dan sektor-sektor lainnya, semakin memperteguh slogan HSS yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis (CINTA).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021