Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar vaksinasi COVID-19 bagi ratusan calon jamaah haji (CJH) kota setempat yang disiapkan berangkat tahun ini.

Gelar kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi ratusan CJH ini berlangsung di kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Sabtu.

"Sasaran calon jamaah haji yang divaksin hari ini sebanyak 310 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di sela acara vaksinasi tersebut.

Calon jamaah haji yang terjadwal mendapatkan vaksinasi hari ini yang sudah terdaftar lunas untuk siap berangkat haji pada tahun ini.

"Sebenarnya ada sebanyak 588 orang calon jamaah haji yang sudah terdaftar lunas, namun sebagiannya sudah mengikuti vaksinasi di puskesmas," ujarnya.

Sehingga, kata Machli Riyadi, pada gelar vaksinasi COVID-19 ini diselesaikan semuanya, agar semua calon jamaah haji Kota Banjarmasin siap berangkat tahun ini, jika pemerintah Arab Saudi membuka kuota haji bagi Indonesia.

"Moga kegiatan ini lancar, para calon jamaah haji Banjarmasin pun terjaga kesehatannya," ujarnya.

Machli Riyadi menyampaikan, vaksinasi yang digunakan untuk para calon jamaah haji ini tetap Sinovac dari China.

"Sesuai rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), vaksin Sinovac ini halal," ujarnya.

Untuk mendapatkan vaksinasi ini, para calon jamaah haji harus membawa fotocopy KTP dan surat telah lunas Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Sebagaimana dinyatakan Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi, calon jamaah haji yang disiapkan berangkat tahun ini jika diberi kuota oleh pemerintah Arab Saudi, yakni, calon jamaah haji tunda 2020.

"Karena pada masa pandemi COVID-19 sejak 2020 lalu di mana tidak diberangkatkan jamaah haji, tetap prioritas utama calon jamaah haji tunda tahun kemarin untuk diberangkatkan tahun ini, jika kuota haji diberi pemerintah Arab Saudi," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021