Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad  bersama Kapolres HSS AKBP Siswoyo melauncing dan meresmikan Pelayanan Satu Atap Polres HSS berbentuk Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres HSS.

Peresmian ditandai dengan bersama-sama membuka papan nama dan pemotongan pita di depan ruang SPKT Mapolres HSS, dihadiri pula Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Armed Dedy Soehartono, Kajari Agus Rujito dan Kepala BRI Cabang Kandangan Ali Askar, Wakapolres HSS beserta seluruh kabag, kasat, kasi dan para perwira.

Kapolres AKBP Siswoyo, di Kandangan, Selasa (25/5), mengatakan ruangan yang dijadikan tempat pelayanan satu atap “SPKT” ini dahulunya merupakan ruangan khusus untuk pelayanan SIM saja, sedang pelayanan-pelayanan lainnya berada di ruangan terpisah, ada yang berada di ujung belakang, ada yang di depan dan di samping Mapolres HSS.

"Sesuai petunjuk dan arahan Polda Kalsel, saat ini pihaknya membuat sistem pelayanan satu atap untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dari Polres HSS," katanya, saat memberikan keterangan.
 
Lauching Pelayanan Satu Atap "SPKT" Polres HSS (Fathurrahman/Prokopim HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Call Center 110, permudah masyarakat dapat layanan kepolisian

Dijelaskan dia, kini masyarakat tidak perlu bertanya-tanya dan kebingungan harus ke mana, masyarakat langsung diarahkan ke ruangan ini, mendapatkan nomor antrian, memilih layanan yang diinginkan mulai dari loket satu sampai dengan loket delapan.

Pelayanan yang diberikan di SPKT Polres HSS, meliputi Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau SKKB maupun perizinan, Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).

Untuk Ruang Sentra Pelayanan seperti menerima laporan dan pengaduan, Loket BRI dan Identifikasi Sidik Jari,  di ruangan SPKT Polres HSS ini juga menyediakan pelayanan standar untuk disabilitas dan tempat bermain anak.

Pembangunan ruangan pelayanan satu atap “SPKT” ini lengkap dengan berbagai fasilitasnya berkat kerjasama dengan BRI Cabang Kandangan melalui dana CSR. Selain bertujuan untuk mempermudah pelayanan yang diberikan Polri kepada masyarakat, pihaknya menjamin pelayanan yang diberikan melalui SPKT ini berbasis pelayanan terpadu dan pengawasan terpadu.

"Sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang, setiap hari proses pelayanan di SPKT akan diawasi langsung oleh petugas piket personil Propam Polres HSS dan Inspeksi pengawasan," katanya.
 
Lauching Pelayanan Satu Atap "SPKT" Polres HSS (Fathurrahman/Prokopim HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Usai Ops Ketupat Intan, Polres HSS laksanakan giat rutin ditingkatkan

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengucapkan selamat aras selesainya pembangunan Ruang Pelayanan Satu Atap “SPKT” Polres HSS, tentunya ini akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Polres HSS.

Menurut dia, dengan adanya pelayanan satu atap ini, Polres HSS tak hanya menjawab tuntutan masyarakat yang mengharapkan pelayanan yang simpel, mudah cepat dan berkualitas namun menunjukkan komitmen kebersamaan antara Kepolisian dan masyarakat.

Pihaknya turut mengucapkan terima kasih kepada BRI Cabang kandangan yang mendukung penuh peningkatan pelayanan Polres HSS melalui dana CSRnya,  perbankan telah banyak memberikan kontribusi dalam proses pembangunan di Kabupaten HSS, ke depannya kerjasama yang baik ini selalu dipertahankan.

"Saya secara pribadi merasa bangga dan terhormat telah menjadi bagian dari momen bersejarah bagi Polres HSS. Dengan kesederhanaan, perlahan tapi pasti, Kapolres HSS telah membuktikan dengan memberikan yang terbaik pada proses pelayanan kepada masyarakat HSS," katanya.
 
Lauching Pelayanan Satu Atap "SPKT" Polres HSS (Fathurrahman/Prokopim HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Edaran bersama, semua tempat wisata di HSS ditutup sementara

Ia  juga menyambut baik atas diresmikannya pelayanan satu atap SPKT Polres HSS, yang dulunya tersebar di beberapa tempat di Mapolres HSS, sekarang pelayanan sudah berada pada satu ruangan.

Tentu ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat HSS, dan sekali lagi atas nama Pemkab HSS mengucapkan terima kasih karena masyarakatnya akan terlayani dengan baik.
Meski ruangannya tidak terlalu besar, ia menilai ruangan SPKT sangat representatif dan berkelas, suasananya juga sangat nyaman dengan dukungan teknologi dan fasilitas digital.

"Untuk jajaran Polres HSS, mudah-mudahan dapat menjadi nilai tambah, untuk menjadi prasyarat dalam proses menuju WBBM dan terpenuhinya nilai A atau A+, Mudah-mudahan tahun depan Polres HSS dalam penilaian pelayanan publiknya bisa mendapatkan predikat A+," katanya.
 
Lauching Pelayanan Satu Atap "SPKT" Polres HSS (Fathurrahman/Prokopim HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021