Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-94 jajaran Kodim 1008/Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, di Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, dilaksanakan 11 Mei 2015 kegiatan perbaikan dan pengerasan jalan desa sepanjang 10,7 kilometer.


Dandim 1008/Tanjung Letkol Inf Rudy Saladin di Tanjung, Selasa mengatakan, kegiatan TMMD ditargetkan selama 25 hari mencakup kegiatan fisik dan non fisik yang dilaksanakan secara swakelola.

"Selain kegiatan fisik berupa pelebaran dan pengerasan jalan, pembuatan parit dan rehab bangunan sekolah, TMMD yang melibatkan sekitar 150 personil juga mencakup kegiatan non fisik seperti penyuluhan bagi masyarakat sekitar," jelas Rudy.

Untuk kegiatan pelebaran dan pengerasan jalan di Desa Panaan mencakup jalan dari Gunung Kupiah sampai Simpang tiga Desa Kuwari sepanjang 8,9 kilometer dan Desa Mihol sepanjang 1,8 kilometer serta pembuatan parit dengan volume 3,3 meter kubik.

Kegiatan TMMD ke-94 dari dana APBN ini bertujuan untuk membuka akses jalan sehingga membantu masyarakat setempat lebih mudah menuju ke desa tetangga maupun kecamatan.

TMMD ke-94 ini selain melibatkan jajaran Kodim 1008/Tanjung sebagai komando satgas termasuk anggota Yonif 621/MTG 101 Hikun, Zipur 8, Polres Tabalong dan instansi terkait 150 orang

"Rencananya pra TMMD akan kita laksanakan pada minggu kedua April agar pada saat pembukaan pada 11 Mei, realisasi kegiatan sudah mencapai 50 persen dan bisa selesai selama 25 hari," tambah Rudy.

Sasaran tambahan dari kegiatan ini berupa rehab ruang keterampilan, WC dan UKS SMP Negeri 2 Haruai dengan menerapkan sistem padat karya melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tabalong.

  Termasuk pelebaran dan pengerasan jalan di Desa Takulat, Desa Kumap, Desa Hegar Manah, Desa Misim dan Desa Dambung Kecamatan Bintang dalam kegiatan TMMD lanjutan yang didanai APBD Kabupaten.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015