Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Selatan, Rizali Lutfi, menyatakan belanja pemerintah melalui terealisasinya proyek strategis nasional mendorong petumbuhan ekopnomi di Kalsel.

"Dengan beredarnya uang melalui belanja proyek-proyek pemerintah yang mulai berjalan akhir-akhir ini, memiliki andil besar untuk menggerakkan roda perekonomian di Kalsel," katanya, dilaporkan, Kamis.

Seperti halnya, dengan proyek strategis nasional Bendungan di Kabupaten Tapin uang pemerintah melalui anggaran proyek dan yang beredar di masyarakat cukup besar.

Sehingga semua sektor mulai bergerak, kegiatan ekonomi di Kalimantan Selatan mulai menunjukkan pertumbuhan, meski terlihat belum terlalu tinggi.

"Setidaknya sudah ada pertumbuhan ekonomi, meski realisasi pertumbuhannya diperkirakan tidak mencapai target yang ditetapkan kisaran 6-7 persen," terangnya.

Menurut Rizali Lutfi, sektor yang diuntungkan dengan belanja pemerintah melalui proyek adalah semua perdagangan mulai berjalan, khususnya terkait kebutuhan bahan yang dibutuhkan proyek pemerintah itu sendiri.

"Ke depan, pemerintah harus tetap berkopmitmen menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)nya secara tepat waktu, hal itu akan mendorong perputaran uang di masyarakat dan mendorong laju perekonomian," terangnya.

Dengan vaksinasi dan upaya maksimal pemerintah melawan COVID-19, terbukti ekonomi sudah mulai bergerak.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021