Balai Latihan Kerja (BLK) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan membuka pelatihan berbasis kompetensi tahap kedua demi mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Wakil Bupati Balangan Supiani, di Paringin Kamis, berpesan agar pelatihan ini dapat digunakan dengan sebaik mungkin, dan berharap untuk para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut bisa mengembangkan ilmunya demi kemajuan daerah di Kabupaten Balangan. 

"Pelatihan ini terbagi menjadi lima jenis, di antaranya pelatihan desain grafis muda, operator komputer muda, otomotif servis sepeda motor injeksi serta dua kelas menjahit," ucapnya.

Tujuan kita merekrut semua tenaga yang ada di Kabupaten Balangan, sebut dia, untuk meningkatkan UMKM di Balangan, sehingga kita tidak perlu menggunakan tenaga dari luar daerah untuk bekerja di daerah kita.

Perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI BBPLK Bekasi, Adam Aziz mengatakan, pelatihan ini tujuannya untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja di Kabupaten Balangan, agar ke depannya mereka bisa terserap di dunia kerja.

"Mudah-mudahan seperti yang dikatakan Wabup tadi, ke depan untuk Kabupaten Balangan tidak ada lagi tenaga dari luar yang bekerja di Balangan, contohnya seperti operator alat berat dan maintenance alat berat bukan berasal dari orang luar lagi, tapi dari anak-anak kita di Balangan," kata dia.

Terpisah, Kepala Balai Latihan Kerja Kabupaten Balangan, Zeki Muttaqin menyampaikan untuk peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 80 orang, yang terdiri dari lima kelas, yakni dua kelas menjahit, satu kelas servis motor injeksi, satu kelas desain grafis, dan satu kelas operator komputer muda.

Dirinya berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah kepercayaan diri anak-anak kita di Kabupaten Balangan untuk meningkatkan kualitas SDM nya serta bisa terjun di dunia kerja.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021