Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, disiapkan menjadi kota pintar atau "Smart city" dengan mengandalkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi di seluruh sektor.


"Mulai 2016, Pemkot Banjarbaru berupaya memberikan pelayanan berbasis teknologi informasi sehingga bisa menjadi kota pintar," ujar Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Kamis.

Ia mengatakan hal tersebut usai Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah 2016 di aula Gawi Sabarataan yang diikuti pejabat pemkot dan tokoh masyarakat lainnya.

Menurut wali kota didampingi Plt Sekretaris Daerah Said Abdullah, sudah saatnya pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat transparan dan cepat.

"Pelayanan publik yang transparan dan cepat berbasis teknologi informasi akan dijadikan andalan sehingga bagi siapa pun yang berurusan semakin mudah dan cepat," kata Said.

Dijelaskan, konsep tersebut sesuai tema pembangunan tahun 2016 yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Selain itu, juga didukung sistem infrastruktur perkotaan interkoneksi dan berwawasan lingkungan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang maju, nyaman dan sehat.

"Kami yakin, pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi mampu mendorong perekonomian masyarakat lebih maju didukung infrastruktur perkotaan interkoneksi," ucapnya.

Ditekankan Plt Sekda, pelayanan publik yang disiapkan bukan hanya dari penetapan prosedur tetapi juga didukung teknologi informasi yang mendukung pelaksanaannya.

"Siapa pun yang ingin berurusan, tinggal membuka internet dan seluruh data maupun informasi bisa diperoleh dengan mudah dan bisa melihat tata caranya," kata dia.

Ditambahkan, Pemkot Banjarbaru akan menyiapkan data berbasis teknologi informasi dan anggaran yang mencukupi sehingga bisa mewujudkan kota pintar dengan pelayanan publik terbaik.

"Anggaran disiapkan mulai 2016 yang digunakan untuk pembelian perangkat disamping melatih aparatur sehingga bisa menggunakan teknologi informasi," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015