Tiga pilar, yakni Polisi, TNI dan pemerintah daerah menggelar patroli pasar jelang lebaran guna menegakkan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk pencegahan dan penularan COVID-19 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami ingatkan kepada masyarakat yang berkunjung ke pasar pasar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," ucap Kapolsek Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi di Banjarmasin, Rabu.

Dia mengatakan kegiatan patroli pasar itu dipusatkan di beberapa pasar di wilayah Banjarmasin Tengah menjadi pusat perbelanjaan di kota ini sehingga perlu ekstra ketat melakukan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan.

Kompol Irwan berharap dengan adanya pengawasan dari pihaknya itu, kegiatan di pasar dapat terpantau, apabila terindikasi akan membludaknya pengunjung pasar mendekati lebaran maka akan langsung dilakukan pembatasan.
. (ANTARA/Gunawan Wibisono)


"Patroli rutin ini kami gelar sehari dua kali, yaitu pagi dan sore. Jadi kita dapat melakukan pemantauan jika terjadi lonjakan pengunjung sehingga dapat segera di antisipasi," ujarnya didampingi Danramil Banjarmasin Barat-Tengah Mayor Czi Tandra Wideru dan Camat Banjarmasin Tengah Diyannoor.

Terus dikatakannya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat diminta dapat mendukung dan mematuhi imbauan terkait penerapan prokes yang diberikan oleh pihaknya.

Kegiatan ini tidak mungkin berhasil dilaksanakan apabila tidak ada dukungan atu kesadaran langsung dari masyarakat itu sendiri.

"Sekali lagi kami mohon dukungan kepada masyarakat semua untuk tetap disiplin menerapkan prokes guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujar perwira menengah Polri itu.

Kompol Irwan juga mengatakan, patroli ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat saat berbelanja di pasar yang dikhawatirkan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

Pewarta: GGN

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021