Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin menjadi pemimpin ucapara pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Intan 2021 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah di lapangan Polres Banjarbaru.

Apel yang dilaksanakan, Rabu diikuti Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Dandim 1006/Mtp Letkol Imam Muchtarom, Kajari Banjarbaru Andri Irawan dengan peserta apel baik personel TNI/Polri dan unsur terkait.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanat dibacakan wali kota menegaskan, apel serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021.

"Operasi dilaksanakan dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 sehingga perlu kesiapan baik personel, sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra lainnya," ujar kapolri.

Ditekankan, beberapa hal yang perlu mendapat atensi saat Operasi Ketupat 2021 diantaranya terkait masyarakat yang telah mudik mendahului dan pelaksanaan vaksinasi yang harus tetap berjalan.

Dijelaskan, substansi dari kebijakan pemerintah melarang mudik bertujuan mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 karena setiap libur panjang selalu terjadi peningkatan penyebaran virus yang cukup signifikan.

"Bagi masyarakat yang telah mudii sebelum tanggal pelarangan, harus diambil langkah konkrit pada wilayah tujuan mudik misalnya penerapan isolasi dalam jangka waktu tertentu dengan pengawasan," pesannya.

Disisi lain, peningkatan aktivitas masyarakat bulan Ramadhan hingga menjelang dan sesudah Idul Fitri berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Oleh karenanya, diperlukan langkah antisipasi yang dilakukan personel kepolisian bersama TNI dan pihak terkait agar selama liburan Idul Fitri dapat tercipta situasi aman, tenang dan kondusif.

Wali Kota Banjarbaru mendukung operasi Ketupat Intan yang digelar kepolisian serentak di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Banjarbaru demi menciptakan situasi aman, tenang dan kondusif.

"Kami mendukung operasi dan sesuai tujuan dalam rangka pengamanan Idul Fitri diharapkan mampu menciptakan situasi aman, tenang dan kondusif tentunya didukung masyarakat dan pihak terkait lainnya," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021