Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Masyarakat di wilayah selatan, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meminta perbaikan sistem irigasi dan infrastruktur jalan serta jembatan guna mendukung kegiatan pertanian maupun perekonomian lainnya.


Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong, Darwin Awi di Tanjung, Senin, mengingat kondisi geografis di wilayah selatan yang berupa lahan lebak serta masyarakatnya mengandalkan hidup dari bertani sehingga perlu didukung sarana sistem irigasi yang baik.

"Aspirasi masyarakat wilayah Selatan yang mencakup Kecamatan Kelua, Banua Lawas, Muara Harus dan Pugaan mayoritas perbaikan sistem irigasi agar bisa bercocok tanam di musim kemarau selain itu pembangunan infrastruktur jalan serta jembatan yang perlu peningkatan," kata Darwin dalam Musrenbang kabupaten 2015.

Termasuk peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan maupun Kesehatan berupa rehab sekolah dan fasilitas kesehatan, penyuluh Pertanian/Perkebunan tambah Darwin juga menjadi usulan masyarakat yang tinggal di wilayah selatan Bumi Saraba Kawa ini.

Karena kondisi geografis dengan didominasi lahan lebak menyebabkan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini lebih lambat dibanding wilayah Tengah dan Utara Tabalong yang lebih kaya dengan sumber daya alam seperti pertambangan dan perkebunan karet.

Dia menambahkan, kalangan anggota legislatif juga memberikan masukan terkait program pembangunan 2016 yang disampaikan melalui komisi masing-masing.

Diantaranya dari komisi III mengusulkan pembangunan dan peningkatan Infrastruktur oleh pemerintah Daerah harus merata serta sinkronisasi dan sinergitas antara SKPD masih perlu dimaksimalkan dalam upaya untuk konsentrasi penyelesaian program daerah.

"Penyelesaian infrastruktur pedesaan yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat, optimalisasi pemanfaatan potensi dan pengembangan wisata juga perlu dilakukan pemerintah daerah dalam program pembangunan mendatang," ujarnya.

Komisi I DPRD Tabalong sendiri mengusulkan peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Harapan Hidup dan peningkatan pelayanan di RSUD H Badaruddin Tanjung.

Dari data di Bappeda Tabalong, tahun ini target angka harapan hidup sebesar 64,35 dan 73,19 pada 2016 dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 73,19.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015