DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Badang Anggaran mendukung pembangunan infrastruktur Kabupaten Tabalong sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur nanti.

Dukungan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel tersebut ketika kunjungan ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong atau kabupaten paling utara provinsi itu berbatasan Kalimantan Timur (Kaltim), yang dijadwalkan 28 - 30 April 2031.

Kunjungan Banggar DPRD Kalsel yang dipimpin Ketuanya ke Bumi Saraba Kawa Tabalong dalam rangka silaturrahmi sekaligus sinkronisasi penyusunan dan pelaksanaan APBD provinsi setempat.

Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH yang juga Ketua Banggar Dewan tersebut mengatakan pentingnya sinkronisasi antara APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mewujudkan pembangunan yang sinergis dan saling berkesinambungan. 

“Hal tersebut tentunya hanya bisa terealisasi apabila ada kesamaan persepsi dan tujuan dari pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/ Pemkot) dalam memahami makna dari pembangunan itu yakni untuk kemakmuran masyarakat," ujarnya.

"Karenanya dalam kesempatan ini DPRD Kalsel yang tergabung dalam Banggar mencoba menjadi jembatan komunikasi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi khususnya dalam penyusunan dan pelaksanaan APDB," demikian Supian HK.
Suasana pertemuan Banggar DPRD Kalsel dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabalong di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), Kamis (29/4) lalu. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Pada kesempatan itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani MSi mengharapkan dukungan DPRD Kalsel dalam hal peningkatan infrastruktur daerah yang nantinya sangat perlu dalam menyambut perpindahan IKN ke Kaltim.

Sebagai contoh dalam hal keberadaan bandar udara yang bertaraf internasional
maupun sarana prasarana  jalan darat yang standar sesuai dengan tingkat kebutuhan moda transportasi yang akan melaluinya.

Ia juga mengungkapkan, banyak penyaluran dana bagi hasil provinsi yang belum terealisasi ke Kabupaten Tabalong.

"Kita berharap melalui kehadiran DPRD Kalsel dapat mendorong Badan Keuangan Daerah provinsi untuk segera merealisasikan dan menyalurkannya," demikian Anang Syakhfiani.
Penyerahan cinderamata antara Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dengan BupatiTabalong H Anang Syakhfiani (baju batik) di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), Kamis (29/4) lalu. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara itu, Anggota Banggar DPRD Kalsel HM Rosehan NB, SH menambahkan, ada beberapa item pekerjaan yang harus  sinergi dengan Pemprov termasuk impian dari Pemkab Tabalong yaitu Bandara baru yang modernisasi karena fasilitas bandara yang lama perlu peningkatan 

Pasalnya, lanjut mantan Wakil Gubernur provinsi tersebut, keberadaan Bandara lebih bagus dan modern tersebut disokong delapan kabupaten sekitarnya, yang bukan saja di Kalsel sendiri, tapi dari daerah tetangga.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu, dari segi manfaat cukup bagus karena berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kaltim.

“Mudah-mudahan kita bisa memback up apa yang menjadi kewenangan provinsi.” demikian Rosehan NB.
Foto bersama rombongan Banggar DPRD Kalsel usai pertemuan dengan Bupati Tabalong di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin), Kamis (29/4) lalu. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Kedatangan Ketua DPRD Kalsel beserta anggota Banggar lainnya disambut Bupati Tabalong dan Wakilnya Drs H Mawardi MSi, beserta jajaran.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021