Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan mengerahkan para pakarnya di berbagai bidang untuk memberikan masukan melalui penelitian dan sebagainya guna mendorong kemajuan di Kabupaten Balangan.

"Jadi apapun potensinya di Balangan, kami coba dorong untuk bisa maju dan berkembang. SDM ULM cukup banyak, kami punya pakar di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan lainnya termasuk ahli ekonomi," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarmasin, Jumat.

Menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah diteken bersama Bupati Balangan Abdul Hadi, Rektor memastikan para akademisi terbaik yang dimiliki bakal segera diterjunkan membantu percepatan kemajuan daerah berjuluk Bumi Sanggam itu.

Diakui Sutarto, sebagai Babupaten yang tergolong usia muda hasil pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan butuh suntikan dukungan dari segala unsur termasuk perguruan tinggi, sehingga pihaknya menyambut antusias atas kepercayaan yang telah diberikan.

"Kabupaten Balangan memang perlu bersinergi untuk berbagai bidang kegiatan. ULM punya pengalaman dalam memberikan masukan setiap daerah agar lebih maju dan berkembang di segala sektor," ujarnya di dampingi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Prof Yudi Firmanul Arifin.
Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi bersama Bupati Balangan Abdul Hadi saat penandatanganan MoU. (ANTARA/Firman)


Sementara Abdul Hadi mengatakan saat ini pihaknya fokus dalam memperbaiki pelayanan publik di samping terus menggali potensi yang ada untuk kemajuan kabupaten yang pada 8 April 2021 menginjak usia 18 tahun itu.

"Kami butuh sokongan ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan Selatan dalam upaya percepatan pembangunan di Balangan. Sehingga ke depan Balangan bisa mensejajarkan diri dengan kabupaten lain di Kalsel," katanya.

Bupati yang baru menjabat hasil pemenang Pilkada 9 Desember 2020 lalu itu pun menghendaki lebih banyak penelitian bisa dilakukan tim ULM guna menggali setiap potensi yang bisa dikembangkan dan menyusun perencanaan pembangunan ke depan.
   

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021