Pengamat politik dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Budi Suryadi mengharapkan suksesnya pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin diikuti PSU Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatang.

"Kita semua patut memberikan apresiasi tinggi atas suksesnya gelaran PSU Pilwali yang berjalan aman dan lancar, bahkan antusias masyarakat begitu terlihat dengan meningkatnya partisipasi pemilih," kata Budi di Banjarmasin, Kamis.

Budi mengakui PSU Pilwali yang hanya tergelar pada 80 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kelurahan pada satu wilayah kecamatan yang sama memang sedikit meringankan beban tugas penyelenggara dan semua pihak yang terlibat di dalamnya termasuk aparat keamanan.

Meski begitu, keberhasilan pelaksanaannya tetap wajib diapresiasi dan dapat dijadikan pengalaman bagi gelaran PSU untuk level lebih luas, yaitu Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021 nanti yang dilaksanakan di 827 TPS di tujuh kecamatan dari tiga kabupaten dan kota di dengan daftar pemilih 266.757 orang.

"Apalagi bagi keseluruhan kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang menggelar PSU Pilgub nanti, tentunya bisa bercermin dari tiga kelurahan yang telah sukses pada Pilwali kemarin," jelasnya.

Budi berharap PSU Pilgub bisa lebih siap mengingat telah ada contoh sukses PSU di daerah ini tanpa adanya insiden dan segala kekhawatiran potensi gangguan tidaklah terjadi.

Partisipasi pemilih juga perlu didorong sebagaimana peningkatan yang terjadi di PSU Pilwali Banjarmasin yaitu rata-rata di atas 60 persen, jauh dibanding Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu yang hanya berkisar 45 sampai 50 persen menggunakan hak suaranya dari daftar pemilih tetap (DPT) pada tiap TPS.
Pelaksanaan PSU Pilwali Banjarmasin pada Rabu (28/4). (ANTARA/Firman)


PSU Pilwali Banjarmasin digelar di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan pada Rabu (28/4).

Hasil sementara menunjukkan paslon nomor urut 4 Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir unggul dengan perolehan suara 11.834 suara, disusul paslon petahana nomor urut 2 H Ibnu Sina dan H Arifin Noor 5.018 suara, paslon nomor urut 3 H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy 537 suara serta paslon nomor urut 1 H Haris Makkie dan Ilham Noor 412 suara.

Namun hasil akhir perolehan suara secara keseluruhan untuk Pilkada Kota Banjarmasin, petahana masih unggul. Ketua Tim Pemenangan Ibnu-Arifin, Bambang Yanto Purnomo mengatakan Ibnu-Arifin meraih suara terbanyak 89.404 suara atau 37,96 persen, sementara pesaing terdekatnya Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir meraih 81.359 suara atau 34,54 persen.

Sementara Haris-Ilham berada di posisi tiga terbanyak dengan 34.860 suara atau 14,80 persen. Sedangkan Khairu-Habib Muhammad meraih 29.917 suara atau 12,70 persen.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021