Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan peran usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) penting untuk membantu Indonesia keluar dari situasi krisis akibat pandemi, sehingga pemulihan ekonomi perlu didukung fondasi UMKM yang kokoh.

"Kita dapat belajar dari krisis ekonomi 1998, dimana hampir semua perusahaan besar terdampak. Namun, UMKM justru dapat bertahan dan menguat. Hal ini akhirnya membantu Indonesia keluar dari keterpurukan ekonomi," kata dia di Banjarbaru, Rabu.

Dia menilai pemulihan ekonomi di tengah  pandemi COVID-19 seperti sekarang butuh sinergi dari semua sektor bukan hanya pelaku usaha. Arsjad menyatakan sinergi tersebut untuk menentukan sektor usaha yang perlu dimaksimalkan karena potensi masing-masing daerah berbeda.

“Saya melihat Kadin Indonesia dapat memainkan peran strategis untuk pengembangan kompetensi. Inovasi sebagai tempat sharing, mentoring, bagimana kita mengembangkan UMKM, serta mengembangkan vocational training,” ujarnya.

Diakui Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk itu, pandemi COVID-19 memberi dampak yang signifikan terhadap pelambatan gerak laju perekonomian nasional. Sepanjang pandemi, sektor usaha menjadi yang paling terdampak.

"Memasuki satu tahun pandemi, saatnya kita bangkit dari keterpurukan ekonomi melalui sinergi dari semua sektor baik unsur pemerintah maupun swasta dan Kadin dapat menjadi garda terdepan menggelorakan kebangkitan ekonomi ini," pungkasnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengunjungi booth UMKM Difable di Jalan Ahmad Yani Km 19 Liang Anggang, Kota Banjarbaru. (ANTARA/Bayu)


Arsjad Rasjid hadir ke Kalimantan Selatan untuk bertatap muka dengan kalangan pengusaha di Bumi Lambung Mangkurat sekaligus dalam rangka majunya dia sebagai Ketua Umum Kadin Periode 2021-2026.

Di sela kunjungannya, dia menyambangi booth UMKM Difable di Jalan Ahmad Yani Km 19 Liang Anggang, Kota Banjarbaru dan berdialog dengan pengurus Kadin Kalimantan Selatan yang diketuai Edy Suryadi.

Pencalonan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin mendapat dukungan mayoritas kepengurusan Kadin provinsi. Salah satunya Ketua Kadin Provinsi Kalimantan Barat Joni Isnaini yang mengatakan visi sang calon ketum membuat Kadin sebagai rumah pelaku usaha sangatlah tepat.

"Kami sangat sependapat dengan visi misi Pak Arsyad dan mendukung penuh beliau supaya bisa terpilih menjadi Ketua Kadin Indonesia pada pemilihan Juni nanti,” katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021