Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin mengatakan pihaknya menempatkan dua anggota kepolisian di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di Kota Banjarmasin.

"TPS-TPS di beberapa kelurahan yang melaksanakan PSU Pilkada Kota Banjarmasin dijaga dua anggota polisi," ucap Kapolresta, Selasa.

Dikatakannya, pelaksanaan PSU Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dilaksanakan pada 28 April 2021 di kota setempat.

"Kami harapkan agar masyarakat dengan kesadarannya agar bisa datang ke TPS-TPS untuk menyalurkan hak suaranya di PSU yang dilaksanakan di tiga kelurahan itu," kata Kombes Pol Rachmat Hendrawan,

Kapolresta menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir dan jangan takut karena aparat yang turun di lapangan semuanya bersikap netral dan hanya khusus melakukan pengamanan.

"Masyarakat jangan takut, aparat di tidak berpolitik, tidak menganjurkan dan tidak menyarankan pihak manapun, dan 100 persen aparat TNI-Polri netral dan hanya bertugas untuk melakukann pengamanan," tuturnya.

Kombes Pol Rachmat Hendrawan juga menjelaskan dalam PSU ini pihaknya melakukan pengamanan ekstra ketat di setiap TPS di daerah pelaksanaan PSU.

"Kami tempatkan personel yang siaga 24 jam dan tergabung di pos-pos PPKM yang ada di masing-masing kelurahan," tutur orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin itu.

Sementara itu, ada 80 TPS di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang melaksanakan PSU dan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 29.057 pemilih.

Anggota polisi yang diterjunkan ke lapangan untuk berjaga sebanyak 160 personel, Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob Polda Kalsel sebanyak 60 personel, BKO Polda Kalsel sebanyak 30 personel, dibantu personel TNI sebanyak 30 personel dan anggota Polresta Banjarmasin 60 personel.

Jadi, ucap Kapolresta, untuk total keseluruhan personel gabungan dalam rangka pengamanan PSU totalnya sebanyak 350 personel.

Pewarta: GGN

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021