Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin H Muhidin akan menghadiri dan meresmikan langsung pemancangan tiang jembatan Sungai Andai II, Banjarmasin Utara, Kamis (5/3).


Menurut Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Gusti Riduan Sofyan, Rabu (4/3) bahwa wali kota bersedia melakukan peresmian jembatan yang dianggarkan Rp7,8 miliar itu pada APBD, dengan target selesai tahun ini, di awal pengerjaannya.

"Karena ini tahun akhir pak wali kota menjabat, kan tinggal beberapa bulan saja lagi, tidak mungkin sampai selesai jembatan ini, makanya kehadiran beliau dan kegiatan peresmiannya sebagai simbol jembatan ini dibangun pada masa kepemimpinannya," ucap Riduan.

Menurut dia, selama Wali Kota H Muhidin menjabat sejak 2010 hingga 2015 pada Agustus nanti, pembangunan sudah bisa dirasakan berkeadilan hingga kepelosok daerah ini, termasuk satu jembatan ini yang dianggap proyeknya cukup besar bagi pemerintah kota.

"Jembatan Sungai Andai II ini dibangun permanen dengan kontruksi beton sepanjang 25 meter dengan luas 10 meter yang dibangun dengan desain melengkung keatas setinggi 1.5 meter dari permukaan air," terangnya.

Diharapkan, ujarnya, jembatan yang dulunya berkontruksi kayu ulin tersebut bisa selesai tepat waktu pembangunannya, hingga dapat segera dimanfaatkan masyarakat.

"Untuk sementara, akses lalulintas jalan melalu pembangunan jembatan itu ditutup bagi kendaraan roda empat, hanya ada jembatan darurat dibangun bagi kendaraan roda dua, pengendara bisa melalui jalan alternati jalur jalan Sungai Gampa atau Jalan Padat Karya," ungkapnya.

Pihaknya pun, kata Riduan, tahun ini juga melakukan pelebaran dan perbaikan jalan Padat Karya Sungai Andai tersebut untuk kenyamanan warga yang terganggu dengan adanya pembangunan jembatan Sungai Andai II ini.


Pewarta: sukarli

Editor : Sukarli


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015