Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin di Kalimantan Selatan menggelar pelayanan massal untuk mendukung upaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Setelah di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Tengah, hari ini kami gelar lagi vaksinasi di Polsekta Banjarmasin Timur dalam upaya membantu percepatan penyerapan vaksin dari Pemkot Banjarmasin," kata Kepala Polresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin, Senin.

Jumlah warga yang terdaftar sebagai peserta vaksinasi COVID-19 di pendopo Taman Mathilda Aspol Bina Brata Banjarmasin pada Senin sebanyak 360 orang.

Namun kepolisian juga menyediakan vaksin bagi warga yang belum terdaftar sebagai peserta vaksinasi. Kepolisian sudah menginstruksikan personelnya untuk mendata warga binaan yang termasuk sasaran utama vaksinasi seperti warga lanjut usia.

"Memang target pemerintah kan kelompok lansia karena mereka paling rentan jika terpapar COVID-19 sehingga diharapkan bisa mendapatkan vaksin segera," kata Rachmat.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di pendopo Taman Mathilda Aspol Bina Brata Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Rachmat mengatakan bahwa penyuluhan mengenai vaksinasi COVID-19 juga dilakukan kepada masyarakat umum, termasuk anak-anak muda.

"Edukasi ke masyarakat hingga ke anak muda juga telah tersampaikan secara baik terkait vaksin ini. Alhamdulillah sekarang semua antusias ingin divaksin," katanya.

"Saat ini setiap malam habis shalat tarawih juga ada vaksinasi di beberapa masjid. Laporannya ada sekitar 40 sampai 60 orang yang divaksin. Jadi, silakan masyarakat yang ingin segera divaksin bisa mendatangi masjid yang menggelar vaksinasi," ia menambahkan.

Dia menjelaskan pula bahwa pelayanan vaksinasi massal selanjutnya akan dilaksanakan di Markas Polsekta Banjarmasin Selatan setelah pemungutan suara ulang dalam pemilihan wali kota Banjarmasin.

Penyelenggaraan pelayanan vaksinasi secara massal disokong oleh personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin.
 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021