DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Pansus III Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepala Daerah setempat Tahun Anggaran 2020 menginginkan peningkatan penanganan kawasan permukiman kumuh di provinsinya.

Ketua Pansus III H Sahrujani yang juga Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur serta membidangi perumahan rakyat dan lingkungan hidup mengemukakan keinginan itu sebelum melakukan pengecekan perumahan dan permukiman (Perkim) kumuh ke Kabupaten Tabalong, Kamis (22/4).

"Karenanya kami mengecek bagaimana hasil pembangunan Perkim tersebut sebagaimana LKPj 2020 di antaranya ke Tabalong pada kesempatan kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah provinsi, 22 - 24 April 2021," ujar politikus senior Partai Golkar itu menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin.

"Kita berharap agar pemerintah terus meningkatkan pembangunan perumahan layak huni dan kawasan permukiman dengan lingkungan yang sehat," lanjut mantan Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel tersebut.

Oleh sebab itu, tambah wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong tersebut, Komisi III terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan Perkim terutama oleh pemerintah provinsi (Pemprov) setempat.

"Keberhasilan pembangunan Perkim juga sebagai tolok ukur dari keberhasilan pembangunan secara seutuhnya. Hal tersebut merupakan dambaan semua pihak," ujarnya.

"Hasil peninjauan lapangan sebagai bahan penyempurnaan rekomendasi terhadap LKPj 2020 guna perbaikan pembangunan pada masa mendatang," demikian Sahrujani.

Pada waktu bersamaan dengan Pansus III tersebut, Pansus I LKPj yang membahas bidang hukum dan pemerintahan juga Kunker ke 'Bumi Saraba Kawa" Tabalong untuk melakukan monitoring dan evaluasi sesuai bidang pembahasannya.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021