Menjadi seorang Polisi wanita (Polwan) tidaklah mudah. Tugas yang diemban tak berbeda dengan polisi laki-laki, menguras tenaga dan pikiran sebagai insan Bhayangkara yang harus siap 1x24 jam kapan pun tugas datang menghampiri.

Sosok Polwan satu ini juga menyadari betul akan tugasnya, sehingga kata siap wajib terucap jika perintah pimpinan sudah ditujukkan kepadanya.

Elfike Reputri Turnip, begitulah nama lengkap Polwan berparas cantik ini. Dia mengaku menjadi anggota Polri adalah tantangan tiada akhir.

Dengan segala dinamika tugasnya, polisi tak terkecuali para Polwan, harus terus tegar dan kuat menjalani aktivitas kesehariannya.

"Menurut saya Polwan jadi sosok Kartini masa kini yang tangguh. Karena kalau lemah, rasanya tidak bisa mengemban tugas," ucap Polwan berpangkat Inspektur Dua (Ipda) Polisi ini.

Diungkapkan Elfike, sapaan akrab gadis kelahiran Jakarta ini, perjuangan menjadi seorang Polwan begitu berat sejak proses rekrutmen.

Proses panjang dan berliku dijalaninya hingga akhirnya buah manis hasil perjuangan itu diraih. Elfike tercatat sebagai alumni Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 2019 Detasemen 50 Wicaksana Adhimanggala.

Dari total 306 orang lulusan Akpol 2019, Elfike bersama tujuh orang rekan satu angkatan mendapat penempatan di Polda Kalimantan Selatan dan kini dia menjabat Kanit Regident Satlantas Polresta Banjarmasin.

Berkantor di Satpas Polresta Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani Km 21 Kota Banjarbaru, Elfike mengomando 16 personel yang mayoritas polisi laki-laki dan hanya segelintir anggota Polwan seperti dirinya.

Meski menjadi pemimpin di Unit-nya, namun Elfike tak lantas besar kepala. Dia berusaha tetap membumi menyatu dengan seluruh anggota sebagai tim yang solid dalam tugas.

Menurut dia, jabatan adalah amanah dari Tuhan yang diberikan melalui pimpinan. Untuk itulah, wajib baginya bekerja maksimal dan menjaga integritas demi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Di momen Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, Elfike pun hanya bisa mengucap syukur atas semua yang telah diberikan Tuhan kepadanya sebagai sosok wanita. 

Begitu pula kepercayaan pimpinan Polri terhadap Polwan, dirasanya sudah sangat luar biasa. Kesetaraan gender tanpa membeda-bedakan antara Polwan dan Polki, adalah hal yang membuatnya bangga.

"Maju terus para Polwan tangguh dan buktikan wanita Indonesia itu hebat dan bisa jika diberikan kesempatan apapun profesinya," pungkas Elfike.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021