Selama bulan suci Ramadhan hingga lebaran idul fitri 1442 H ketersediaan stok pangan di Kabupaten Balangan dipastikan aman oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan Ansharullah.

Ansharullah mengungkapkan, dimana sebelum menghadapi hari besar keagamaan pihaknya sudah melakukan rapat bersama tim Satgas pangan beserta dinas-dinas terkait mengenai kebutuhan bahan pangan dan kebutuhan pokok di Balangan.

"Bahan pokok pangan penting seperti beras sudah cukup, bahkan berlebih. Karena ada sebagian daerah yang sedang panen dan untuk stok beras di kindai-kindai petani ada sebanyak 13.370 kg atau 13 ton," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa.

Ansharullah menyebutkan, untuk harga bahan pangan masih dalam keadaan normal dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

"Untuk harga masih stabil, di antaranya seperti beras masih dalam harga Rp12.000-Rp14.500/kg atau masih dalam angka 7,5 persen dan itu belum dikatakan harga bergejolak, dapat dikatakan bergejolak kalau sudah mencapai angka 25 persen," sebut dia.

Adapun untuk harga cabai memang masih dalam harga yang cukup tinggi dengan mencapai kisaran Rp90.000/kg bahkan lebih, karna memang permintaan dari masyarakat yang cukup banyak dan stok cabai yang sedikit akibat dampak banjir yang lalu.

Selain itu, jelasnya, untuk bahan pokok pangan yang lainnya selain beras dan daging ayam ras, didatangkan dari luar Balangan seperti bawang merah dan bawang putih yang didatangkan dari Banjarmasin.

"Selama distribusi dari luar masih aman dan tidak terganggu, insyaAllah ketersediaan pangan kita masih aman dan akan tercukupi," jelasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021