Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk meningkatkan peran perempuan dalam bidang politik.

Hal itu sesudah Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias kunjugan kerja dalam daerah provinsi ke Kesbangpol Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), 15 - 17 April 2021.

Rendahnya angka keterwakilan perempuan dalam dunia politik di daerah menjadi salah satu perhatian Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi sosial politik tersebut.

Oleh karenanya Komisi I DPRD Kalsel mengharapkan, agar Badan Kesbangpol Tapin di Rantau (117 kilometer utara Banjarmasin) dan HSS di Kandangan (135 kilometer utara Banjarmasin) dapat berperan aktif mendorong peningkatan peran perempuan dalam bidang politik.

Pasalnya keterwakilan perempuan di Tapin dan HSS masih sangat kurang. "Jadi kami harapkan Kesbangpol setempat bisa mendorong untuk lebih meningkatkan peran perempuan dalam bidang politik," ujar "Srikandi" Partai Amanat Nasional (PAN) itu 
Suasana pertemuan Komisi I DPRD Kalsel dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Tapin di Rantau (117 kilometer utara Banjarmasin), 16 April 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara itu, Sekretaris Komisi I H Suripno Sumas SH MH dan anggota Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH mengharapkan Kesbangpol selaku pemegang dana hibah untuk parpol agar lebih aktif dalam memberikan pembinaan terhadap partai politik (Parpol).

"Pembinaan itu terutama kepada petugas administrasi partai dalam menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan partai, sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," ujar kedua wakil rakyat dari PKB dan Partai Golkar tersebut.

“Jangan sampai dana bantuan Parpol tidak bisa dipergunakan secara maksimal oleh Parpol dan dikembalikan ke kas daerah akibat ketidaktahuan petugasnya dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan Parpol," tambah Suripno.

Kepala Badan Kesbangpol Tapin H. Ariffin sangat berterimakasih atas kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalsel dan hasil pertemuan akan menjadi masukkan berharga bagi instansinya dalam melakukan pembinaan Parpol ke depan. 

“Kami berterimakasih atas kunjungannya dan masukkan- masukkan Komisi I DPRD Kalsel terkait pembinaan Parpol di Tapin”, ucapnya.
Suasana pertemuan Komisi I DPRD Kalsel dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Tapin di Rantau (117 kilometer utara Banjarmasin), 16 April 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Kesimpulan sementara Komisi I DPRD Kalsel dari monitoring bersama mitra kerja Badan Kesbangpol provinsi setempat, pembinaan Parpol oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Tapin dan HSS, sudah terlaksanakan secara maksimal.

Oleh karenanya mendapatkan apresiasi bagus dari Komisi I DPRD Kalsel, ungkap staf Sub Bagian Rumah Tangga Protokol dan Kehumasan Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi tersebut, Lupi N Adiyatna melalui WA-nya, Jumat (16/4) malam.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021