Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi sosial politik, serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) mengharapkan situasi perpolitikan di provinsinya tetap kondusif.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH mengemukakan harapan itu sebelum Komisinya kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah provinsi setempat yaitu Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis.

"Kunker kami ke Tapin dan HSS menemui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pada dua kabupaten bertetangga tersebut, 15 - 17 April 2021," ujar alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu menjawab Antara Kalsel.

"Dengan Kesbangpol setempat kami ingin tahu bagaimana penanganan atau pembinaan perpolitikan di kabupaten mereka agar tetap kondusif," lanjut anggota DPRD Kalsel dua periode asal daerah pemilihan Banjarmasin itu.

Pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, "Bumi Ruhui Rahayu" Tapin dan "Bumi Rakat Mufakat" HSS untuk sementara ini sebagai sampel perpolitikan di daerah hulu sungai atau "Banua Anam" Kalsel.

Daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, HSS, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Kabupaten/kota lainnya di Kalsel yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

"Namun pada kesempatan lain, Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias dari PAN juga akan mengunjungi kabupaten lain di provinsi ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perpolitikan di provinsi kita," demikian Suripno Sumas.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021