Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, menjalin kerja sama dengan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) untuk mendukung program perencanaan pembangunan daerah.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kotabaru, H Anshar Noor, Rabu mengatakan, kerja sama yang dijalin Pemkab Kotabaru dengan Lapan semata-mata untuk percepatan pemerataan pembangunan di daerah.

"Pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan dari LAPAN, sangat bermanfaat untuk mendukung program perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Kotabaru," kata dia.

Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional, Prof Thomas Djamaluddin, mengemukakan, melalui perjanjian kerja sama ini, rakyat Indonesia bisa merasakan sains dan tekhnologi yang dikembangkan oleh LAPAN.

Sebelumnya, Pemkab Kotabaru, juga menjalin kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mengelola data dan informasi, khususnya terkait masalah peta tata ruang dalam pembangunan Kotabaru.

Sekretaris Daerah Kotabaru, H Suriansyah, mengatakan, salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mengoptimalkan peran informasi, dan data dari Badan Informasi Geospasial, seperti, peta tata ruang.

"Pemkab Kotabaru menilai kerja sama dengan BIG ini akan memiliki manfaat yang cukup luas," kata Suriansyah.

Kardono Kepala Badan Informasi Geospasial, Priyadi, menambahkan, pemanfaatan data dan informasi BIG sangat penting dalam penataan ruang, dan pembangunan Kabupaten Kotabaru.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, dan pengembangan kedirgantaraan serta pemanfaatannya.

Empat bidang utama LAPAN, yakni, penginderaan jauh, teknologi dirgantara, sains antariksa, dan kebijakan dirgantara.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015