Industri semen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun, Kotabaru, kembali menggelar Voluntary Teaching, yang merupakan bagian dari program pendidikan vokasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul Indonesia Maju dan Program Link and Match.

General Manager PT ITP Tbk Plant Tarjun, Retnawan Widhiantoro, melalui Manajemen PT ITP Tbk Plant Tarjun, H. Teguh Iman Basoeki, mengatakan kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement di pilar pendidikan.

Dikatakan, pendidikan karakter dan revitalisasi pendidikan vokasi diperkuat dan hal ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangun sumber daya manusia (SDM). 

Perhatian pemerintah tahun ini akan mulai beralih dalam peningkatan SDM, Penguatan pendidikan karakter yang sudah diperkuat dengan payung hokum perpres ini sejalan dengan program Revolusi Mental.

"Karakter adalah fondasi pembangunan manusia. Tanpa karakter kita tidak bisa menyiapkan manusia yang baik,” kata SHECSR Department Head PT ITP Tbk Plant Tarjun, melalui siaran pers.

Nara sumber, Suryana, menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk setiap mahasiswa dan pelajar sehingga masing-masing dapat menjadi pribadi yang kuat, disiplin, jujur, sikap mental yang sehat termasuk sopan santun, kemampuan kerjasama dan telah menjadi kesadaran serta kebiasaan setiap saat dan juga menerapkan ASIST sehingga ketika nantinya masuk ke dunia kerja hanya tinggal dipoles saja, jelasnya.

Menurut seorang nara sumber, Isna Syauqiah, menjelaskan, kegiatan vokasi yang digelar ini bertujuan membentuk karakter mahasiswa/i sebelum lulus, sekaligus persiapan menghadapi dunia usaha dan Era industri 4.0, ujarnya.

M.Ramlie, menambahkan, pendidikan karakter sangat penting bagi siswa karena mereka akan berbaur dalam lingkungan industri. Bukan hanya kemampuan, mental yang kuat juga menjadi tujuan utama.

“Bila fisik dan mental sudah kuat, perusahaan tinggal melatih kemampuan serta memberikan ilmu saat mereka praktik kerja industri. Ini akan berdampak positif  dan peserta didik tersebut,” tambahnya.

Dia berharap, Semoga hubungan yang terjalin dengan sangat baik dapat terus selalu bersinergi bersama dengan program vokasi Indocement, pungkasnya.

Pewarta: Imam

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021